Dinas Kebudayaan Manado Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional Dengan Sangat Khidmat
Sekretaris Dinas Kebudayaan Daerah, Jenry Sualang, S.Pd, MAP Foto Doc. Tevri

Manado, Sulawesi Utara – Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, menggelar Upacara dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional 2019 jatuh pada hari ini, Senin (20/5/2019),di Halaman Kantor UPT Museum Daerah jalan WR.Soepratman kelurahan Lawangirung.

Upacara berjalan dengan khidmat, saat Inspektur Upacara yang di wakili oleh Sekretaris Dinas Kebudayaan Daerah, Jenry Sualang, S.Pd, MAP mengungkapkan arti dan makna Harkitnas bahwa Hari Kebangkitan Nasional merupakan salah satu hari bersejarah dalam pergerakan pemuda di Tanah Air.

Sekretaris Dinas Kebudayaan Daerah, Jenry Sualang, S.Pd, MAP Foto Doc. Tevri

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional atau sering disingkat Harkitnas tepatnya tanggal 20 Mei tiap tahunnya, memperingati berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Hari Kebangkitan Nasional pertama kali diperingati pada era pemerintahan Presiden Ir.Soekarno di Yogyakarta pada tahun 1948.

Upacara yang di ikuti seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) dilingkup Dinas Kebudayaan Daerah dikatakan Kepala Dinas Ferry J Sangian, S.Pd, MAP Melalui Sekretaris Dinas mengajak kepada seluruh ASN dan THL untuk meningkatkan kecerdasan kita dalam berbudaya sehingga kita bisa hebat, dengan menggelar upacara seperti Harkitnas dengan mengangkat nilai-nilai sejarah Warisan Budaya tak benda menjadi satu Tradisi Budaya dalam rangka mewujudkan Rasa Nasionalisme yang tinggi sesuai di amanatkan dalam undang – undang nomor 20 thn 2003 tentang Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dikaitkan dengan amanat undang – undang nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, tukas Sualang.

Tambah Sualang” ketika orang disulut Cerdas maka pemimpin kita juga akan hebat,menjadi manusia – manusia yang cerdas hebat dan berbudaya”.

Penulis : Tevri Romeo
RED-WBN Hs