51 views

Crispy Pelepah Pisang Lumajang Peluang Jadi Wisata Kuliner

warisan budaya nusantara, Jawa Timur – Crispy pelepah dari batang pisang karya warga kabupaten Lumajang Jawa Timur peluang menjadi wisata kuliner namun untuk mencapai itu akan di lakukan uji lab oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip provensi Jawa Timur Abdul Hamid, gagasan itu setelah Abdul Hamid melihat langsung proses yang di demokan masyarakat di perpustakaan Tunas Bangsa desa Pandanwangi kecamatan Tempeh hari Sabtu tanggal 25 Mei mendampingi Kepala Perpustakaan RI Muhammad Syarif Bondo dan angggota DPR RI Komisi X Ayub Khan.

Foto, WBN lumajang. Kepala Perpustakaan RI Muhammad Syarif Bondo dan angggota DPR RI Komisi X Ayub Khan

Di katakan Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip kabupaten Lumajang Kustiati, apa yang akan di lakukan Abdul Hamid guna memastikan crispy pelepah pisang itu kandungan dan komposisi zat-zat yang terkandung di dalamnya, jika hal itu sudah diketahui tidak menutup kemungkinan akan menjadi penghasilan bagi pengrajin desa Pandanwangi.

Masyarakat Pandanwangi berharap uji lab dilakukan secepatnya karena dengan hasil yang diperoleh dari labolatorium itu di kemasan nantinya akan disertakan, sehingga konsumen yang akan menikmati crispy olahan dari pelepah batang pisang mengetahui dan jadi minat untuk di jadikan makanan ringan atau camilan.

“Pelepah pisang yang di buang begitu saja ternyata di oleh sedemikian rupa menjadi makan yang lezat berupa menjadi kripik crispy pelepah pisang, dan seandainya kemarin (dalam kunjungan itu) tidak di hari puasa beliau ingin antosias ingin merasakan namun beliau berkenan untuk membeli di bawah ke Jakarta”, kata Kustiati di temui di ruang kerjanya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip kabupaten Lumajang

Di tegaskan Kustiati angggota DPR RI Komisi X Ayub Khan akan membantu bagemana perpustakaan yang ada di Lumajang ini menjadi tempat menggali inspirasi dan inovasi dalam meningkatkan kesejahteraan lewat buku-buku, dari itu fraksi Demokrat itu akan memfasilitasi bantuan keperluan buku-buku di perpustakaan. Bila mana masyarakat di Lumajang kreatif dan inovatif barang tentu perekonomian ada peningkatan atau membantu penghasilan utamanya.

Dari pejabat yang hadir mulai Kepala Perpustakaan RI, angggota DPR RI Komisi X, Kepala Perpustakaan dan Arsip provensi Jawa Timur, Bupati Lumajang hingga pemangku jabatan desa Pandanwangi upaya yang di lakukan warga ini tidak hanya bisa memproduksi menjual namun bisa menarik wisata datang selain menikmati crispy dan juga panorama pantai selatan Lumajang atau lautan Hindia.

Penulis Efendi
Red-Wbn Hs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *