51 views

Lembaga Kerajaan Adat Tallo Pa’sereanta Firman Sombalia, Akan Bangun Rumah Adat

Makasar, Sulawasi Selatan -Pengurus Lembaga Kerajaan adat Tallo akan mengangkat kembali adat budaya yang telah lama terabaikan dan berharap ada perhatian dari pemerintah akan adat dan budaya kerajaan Tallo dan juga membangun rumah adat Tallo.

Lembaga Adat Pa’sereanta Firman Samboli Kerajaan Islam Kembar Gowa Tallo Sulawasi Selatan, juga akan berangkat hadiri Festival Kraton Nusantara 13 ditanah Luwu.

Menurut Ketua Lembaga Adat Andi Iskandar Esa Dg. Pasore mengatakan, ” kami akan mengangkat kembali adat dan budaya kerajaan Gowa- Tallo serta merencanakan pembangunan rumah adat kerajaan Tallo yang telah lama terabaikan, sehingga kami para keturunan -keturunan Kerajaan Tallo sekarang berusaha mengangkat dan membangun kembali, sebagaimana telah melakukan pelantikan Raja Tallo ke 18 yakni Alm. Brigjend Purn H. Andi Oddang Sultan Harun Arrasyid Krg.Pabeta,“ tutupnya.

Ia juga menambahkan, “kami juga sudah menjelaskan sejarah Keturunan Dari Imallombasang daeng mattawan karaeng tinggiya Bin I Kumala krg. Lembbang parang, dari kerajaan Gowa raja ke 32 melalui istrinya siti aisyah istri pertama raja Gowa, agar tidak ada oknum atau pihak yang sering mencantol silsilah yang sebenarnya. Kami juga memiliki silsilah yang asli bilamana ada yang ingin melakukan klarifikasi atas oknum yang selama ini mencantol silsilah kami”, terangnya kepada awak media saat ditemui pada minggu,(01/09/2019).

Penulis Herman. | Red-Wbn Hs.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *