33 views

Penobatan Karaeng Turikale Ke-VIII Kepada Andi A.A Mapparessa

Maros, Sulawesi Selatan -Penobatan Karaeng Turikale ke-VIII, Brigadir Jenderal Polisi (Purn) Andi Achmad Aflus Mapparessa, Beserta Istri yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna Pemkab Maros, Kamis (5/9/2019).

Sejumlah tamu undangan khusunya Raja dan Sultan se Nusantara, diantaranya Yang Mulia Sultan Sepuh XIV PRA. H. Arief Natadiningrat, SE sebagai Ketua Umum FSKN (Forum Silahturahmi Keraton SE Nusantara) menghadiri pelantikan yang bakal dilakukan dengan prosesi kebesaran adat di Gedung Serbaguna Pemkab Maros, Sulawesi Selatan.

“Selain itu, ada delapan bangsawan luar negeri yang juga akan menyaksikan prosesi penobatan ini, di antaranya dari Amerika Serikat, Malaysia dan Meksiko,” kata Sekretaris Penobatan Karaeng Turikale, Andi Kurniawan.

Selain itu, hadir pula Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah serta 70 raja dan sultan se-Nusantara, Sultan Sepuh Cirebon, Sultan Sumbawa, Raja Tapanuli Selatan, Sultan Sekala Berak Lampung, Sultan Kutai Kartanagara, Lembaga Adat Pa’sereanta Firman Sombalia Kerajaan Islam Kembar Gowa Tallo Sulawasi Selatan, Wakil Bupati Maros, Wakapolda Sulsel, Ketua DPRD Sulsel, dan tamu undangan lainnya.

Wakil bupati maros juga ingin
Nilai positif di kabupaten maros tentang budaya budaya saat ini,”kami harap pembangunan khususnya bidang budaya sosial, dapat memberikan kontrubusi untuk kabupaten maros, memperkuat adat serta kebudayaan maros dalam era globalisasi saat ini, Menuju era 4.0, serta mengangkat nilai kearipan lokal untuk kesejahteraan masyarakat,” terang A. Harmil Mattotorang

Gubernur Sulsel juga menyampaikan dirinya bagian dari kerajaan dan kesultanan se-nusantara, oleh itu adat budaya di Nusantara harus dilestarikan.

“Saya kira, saya adalah bagian dari kerajaan dan Sultan, yang kebetulan menjadi gubernur, sebelumnya saya menjadi bupati Bantaeng 10 tahun,” ucap Nurdin Abdullah.

Reporter Herman ( Kaperwil Sulsel ). | Red-Wbn HS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *