Dandim 1302/Min Bacakan Amanat Menteri Sosial RI Pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019

Minahasa,Sulut -Komandan Kodim 1302/Min Letkol Inf Slamet Raharjo S.Sos, M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacara ( Irup ) pada Upacara Bendera memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019 pukul 08.00 wita, yang digelar di halaman Kantor Bupati Minahasa yang diikuti oleh seluruh Jajaran Forkopimda serta ASN dan TNI-Polri, dengan Komandan Upacara adalah Danramil 1302-04/Remboken Kapten Inf Wemfryd Son Halebar, dan yang bertindak sebagai Perwira Upacara adalah Perwira Seksi Logistik Kodim 1302/Min Kapten Inf Maxen Mentang.

Pada Upacara Hari Pahlawan kali ini Dandim 1302/Min membacakan Amanat Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara, “Bapak Ibu sebangsa setanah Air, Puji Syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah Swt, Tuhan Yang Maha Kuasa, atas limpahan Rahmat dan Karunianya, pada hari ini diseluruh pelosok tanah air dan perwakilan RI diluar negeri, kita dapat melaksanakan Upacara Bendera dan mengheningkan cipta secara serentak selama 60 Detik untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019 dengan khikmat, Katanya mengawali amanat tersebut.


Lanjut Dandim 1302/Min, Setiap Hari Pahlawan, kita diingatkan kembali pada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia, pada tertempuran tersebut Rakyat bersatu padu, berjuan pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia, Ujarnya.

Lebih Lanjut Dandim 1302/Min menyampaikan, peristiwa perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu Negeri. Semangat yang ditunjukkan para Pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuh kembangkan didalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia, Ungkap Orang Nomor Satu di Kodim 1302/Min tersebut.

Dijelaskannya pula, Dengan peringatan hari Pahlawan, diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para Pahlawan, sebagaimana ungkapan salah Seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa, “Hanya Bangsa yang menghargai jasa para Pahlawan dapat menjadi Bangsa yang besar”, Selain itu peringatan hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi Anak-anak Bangsa untuk menjadi Pahlawan masa kini, sebagaimana Tema “Aku Pahlawan Masa Kini”, Katanya.

Menjadi Pahlawan masa kini, kata Dandim dalam penjelasannya, dapat dilakukan oleh siapapun warga Negara Indonesia, dalam bentuk-bentuk aksi nyata memperkuat NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan Provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita Hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan Orang lain dan sebagainya, Imbuhnya.

Diakhir sambutan tersebut Prajurit yang berpangkat Letnan Kolonel tersebut menyampaikan, Selamat Hari Pahlawan 10 November 2019, semoga Allah Swt, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan Bimbingan dan kekuatan kepada Bangsa Indonesia agar dapat menjaga keutuhan NKRI yang telah diperjuangkan oleh pendahulu Neger, sekali lagi jadilah Pahlawan Masa Kini, “Tandasnya.


Kegiatan Upacara dalam memperingati Hari Pahlawan seperti ini juga diikuti oleh jajaran Kodim 1302/Min yang berada di Pemda Minahasa Selatan dan minahasa Tenggara, serta di jajaran pemerintah Kota Tomohon, dengan melibatkan Pasukan Kodim 1302/Min masing-masing Satu SST.

Hadir dalam Upacara Bendera Hari Pahlawan kali ini antara lain, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo S.sos, Msi, Kapolres Minahasa di Wakili Kompol Ryanto AK, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Drs Frist Muntu S.SOS, Kejati Minagasa Rahmat Budiman SH, D.Km Kepala pengadilan Negeri Tondano Sujadmiko SH, MH, Ketua Pepabri Kab. Minahasa Jance Rubay,(hms/war)
Penulis : Tevri ngantung |™Red Ndra.