6 views

Ini Harapan Lembaga Adat Kepada Pemerintah Untuk Memajukan Kemabali Kerajaan Tallo

6 / 100 Skor SEO

MAKASSAR, SULSEL– Kerajaan Tallo yang selama ini terbengkalai, mulai dari tidak adanya Raja setelah Pelantikan Raja Tallo ke 18 yakni Alm.Brigjend Purn H.Andi Oddang Sultan Harun Arrasyid Krg.Pabeta, dan juga tidak adanya Rumah Adat Kerajaan Tallo. Kini LAPFS Sulsel bersama Para Turunan Kerajaan Tallo akan kembalikan Semuanya seperti yang diungkap ketua Lembaga Adat Andi Iskandar Esa Dg.Pasore kepada awak media pada Selasa,(26/11).

Menurutnya, terbengkalainya Kerajaan Tallo sudah banyak faktor yang sudah tak peduli dengan adat istiadat budaya serta pelestarian kerajaan Tallo, dan juga banyak kepentingan pribadi didalamnya.

“Perkembangn Kerajaan Tallo juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena kedepan era 4.0 akan semakin maju, dan kami berharap agar Kerajaan Tallo juga bisa dijaga dan dilestarikan, karena ini adalah sejarah untuk kita sampai anak cucu yang harus terus turung sampai akhir Zaman”, terang Andi Iskandar Esa Dg.Pasore.

Ketua Lembaga Adat Passereanta Firman Sombali Kerajaan Islam Kembar Gowa Tallo Sulsel (LAPFS), juga menambahkan,”Terkait hal tersebut kami sekarang akan mulai dengan meluruskan Silsilah yang asli Kerajaan Tallo, karena seiring waktu ternyata banyak fakta yang menguat, mulai dari banyaknya yang mencantol untuk memanfaatkan Kerajaan Tallo, mulai dari Pemalsuan Silsilah dan juga berkas Harta dari kerajaan Tallo yang dikuasi atau diperjual belikan, semua untuk kepentingan Pribadi bukan untuk menjaga dan melestarikan Kerajaan Tallo”,ujar ketua lembaga Adat.

“Kami berharap kepada semua instansi pemerintah dan Kepolisian agar bisa bersinergi bersama dengan Lembaga Adat Passereanta Firman Sombali Kerajaan Islam Kembar Gowa Tallo Sulsel (LAPFS) dalam segala Hal guna membangun dan melestarikan adat di Sulsel Khususnya di Kota Makassar yang selama ini terbengkalai, serta kami dan para gallarrang serta para pemangku adat akan kembali membangun rumah adat kerajaan Tallo serta kembali melakukan pelantikan Raja Tallo sebagaimana sebelumnya telah melakukan pelantikan Raja Tallo ke 18”, Kunci Andi Iskandar Esa Dg.Pasore. ( Hermaan |red ndra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *