Sualang: Sebanyak 25 Sanggar Seni diSulut, ODSK Akan Serahkan Dana Hibah
JENDRY SUALANG, S.Pd., M.A.P, Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut

Manado, Sulut – Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut Jendry Sualang, S.Pd., M.A.P., mengatakan, dalam waktu dekat, Gubernur Olly Dondokambey, S.E dan Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven, O.E Kandouw akan menyerahkan Dana Hibah bagi 25 Sanggar Seni dan Budaya di Sulut.

Hal itu disampaikan Kadis Kebudayaan Jendry Sualang di Kantor Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut, Kamis (23/01/2020) siang.

Menurut dia, besaran Dana Hibah dan waktu penyerahan, tinggal menunggu SK Gubernur Sulut.

“25 Sanggar Seni dan Budaya di Sulut, akan mendapatkan dana hibah dari Pemprov Sulut yang langsung diserahkan oleh Pak Gubernur Olly dan Pak Wagub Kandouw. Jadi tinggal menunggu SK Gubernur untuk penyerahannya, termasuk besaran dana hibahnya,” kata Kadis Kebudayaan ini.

Jendry Sualang menambahkan pemberian dana hibah bagi Sanggar Seni dan Budaya di Sulut bertujuan untuk melestarikan, melindungi, mengembangkan dan memanfaatkan nilai, norma dan aturan yang berlaku daam kehidupan masyarakat melalui buah karya seni dan budaya daerah.

“Tentunya, komunitas seperti Sanggar Seni dan Budaya ini secara terus menerus melestarikan seni dan budaya daerah dan menunjukkan local wisdom dalam masyarakat moderen. Kita berharap, Sanggar Seni dan Budaya di daerah tetap merawat kekayaan nilai seni dan budaya kita, dari generasi satu ke generasi selanjutnya lewat karya-karya mereka di tengah masyarakat, ” terang Jendry Sualang.

Selain itu, kata dia, melalui karya seni dan budaya, sejatinya nilai-nilai adat istiadat dan budaya lokal, tetap hidup dalam masyarakat, terlebih dalam diri generasi milenial dewasa ini.

“Sehingga secara langsung, generasi milenial ini ikut melestarikan seni dan budaya daerahnya,” tutup Kadis Kebudayaan Jendry Sualang.

Penulis : Tevri Ngantung |redpel  ndra