Karya Bakti Pasca Banjir Koramil 10 Sukatani dan Pemerintah desa Sukamakmur

WBN, Kabupaten Bekasi, Kepala desa Sukamakmur  Wawan Kurniawan beserta Koramil 10/Sukatani Mayor Infantri Sugiono yang membawahi dua wilayah kecamatan Sukatani,dan kecamatan Sukakarya bersinergi dengan masyarakat desa guna melaksanakan pengurukan tanggul kali ciherang yang jebol di wilayah dusun 2 rt 02 rw 04 kampung pulo panjang desa Sukamakmur kecamatan Sukakarya kabupaten Bekasi, Sabtu (29 /2/2020) yang lalu.

“Dampak banjir kali Ciherang yang lalu mengakibatkan tanggul jebol dan merendam seluruh persawahan (dari 470 hektar hampir semua terendam banjir) akan tetapi ada  beberapa hektar  yang mengalami kerusakan yang cukup parah,” kata Kades Wawan.

Dikatakannya, Banjir juga tidak hanya merendam persawahan,tetapi rumah warga juga ikut terendam,kalau kerugian secara materi kami belum bisa menghitungnya, yang jelas mayoritan petani di desa kami gagal tanam karena terendam banjir.

” Alhamdulillah tidak ada korban Jiwa, dan ini kali kedua banjir terjadi,yang pertama awal bulan januari yang lalu,” ungkap kades Wawan.

Masih kata Wawan, Kami dari pemerintah desa sudah mengajukan ke kecamatan dan pemerintah daerah kabupaten Bekasi untuk paling tidak, Bagi petani yang terdampak banjir  mendapat bantuan berupa pupuk maupun bibit agar bisa bercocok tanam kembali.

“Untuk tahun 2020 ini akan di perbaiki tanggul yang jebol dan akan di buatkan turap untuk menahan volume air nantinya,” pungkasnya.

Sementara itu,  Danramil 10 Sukatani, Mayor Infantri Sugiono menambahkan, kami dari Kodim 0509 turut  menyalurkan bantuan di beberapa wilayah khususnya di gang emprit kampung wangkal desa Sukakarya pasca banjir beberapa hari lalu.

” kehadiran kami kali ini selain menyalurkan bantuan Sembako,  kami juga bersinergi dengan masyarakat memperbaiki tanggul yang jebol di kali ciherang tepatnya kampung pulo panjang dusun 2 rt 02 rw 04 desa Sukamakmur kecamatan Sukakarya,” ujarnya.

Lanjutnya, Bantuan dari warga perumahan di Cikarang  Pusat berupa 150 dus mie instan, 1500 nasi kotak nasi bungkus serta air mineral. Bupati Bekasi  juga sudah memberikan 1500 bingkisan yang di bagikan untuk masyarakat desa Sukamakmur yang terdampak banjir paling parah.

” Terkait pengerahan personil dari Koramil,kami membagi di beberapa wilayah tidak hanya Sukakarya,tetapi personil juga kami tempatkan di desa Sukamanah,Banjarsari,Sukadaya,Sukabakti dan beberapa desa di kecamatan Cabang bungin,” pungkas Danramil 10 Sukatani .(Nha) |redpel ndra