Sinergitas TNI-Polri dan Warga, Antusias Ikuti Donor Darah “Dafam Peduli”

WBN, Purwokerto – TN-Polri serta warga masyarakat Purwokerto dan sekitarnya nampak antusias mengikuti donor darah yang digelar Hotel Meotel Purwokerto by Dafam dalam rangka donor darah rutin 3 bulanan yang digelar di hotel tersebut, Selasa (10/3/2020).

Tak ketinggalan, prajurit TNI dan PNS Makorem 071/Wijayakusuma dan Balak Aju Kodam IV/Diponegoro jajaran Korem 071/Wijayakusuma beserta anggota Polri Polresta Banyumas serta warga masyarakat juga mendonorkan darahnya untuk misi kemanusiaan tersebut.

Ketua Panitia donor darah yang juga Ketua SSA Hotel Meotel by Dafam Purwokerto, Sigit Mudjiatno, menargetkan 100 kantong darah dalam donor darah rutin 3 bulanan tersebut.

Dikatakan, donor darah tersebut bertajuk “DAFAM PEDULI”, dengan melihat permintaan kebutuhan darah di Kabupaten Banyumas meningkat dan ketersediaan darah di PMI Banyumas minim, semoga dengan kegiatan ini Meotel Purwokerto dapat memberikan kontribusi yang positif.

‘’Kami optimis target 100 kantong darah pada kegiatan ini bisa terpenuhi, karena dengan antusiasnya dari jajaran TNI dan Polri serta warga maupun dari instansi pemerintah dalam mendonorkan darahnya,’’ kata Sigit.

Menurutnya, kegiatan ini sudah rutin dilaksanakan, dimana mengajak publik terlibat didalamnya. Ia berharap juga, kepada masyarakat untuk terus mendonorkan darahnya untuk membantu sesama yang membutuhkan.

Sementara itu, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., melalui Kasiterrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Sapto Broto, S.E., menyampaikan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian prajurit dan PNS Korem 071/Wijayukusuma kepada sesama. “Mendonorkan darah kepada seseorang yang membutuhkan adalah perbuatan kemanusiaan yang sangat mulia, karena dengan mendonorkan sebagian darahnya, berarti seseorang telah memberikan pertolongan kepada orang lain”, terangnya.

Dikatakan, dilihat dari urgensinya, donor darah merupakan kegiatan kemanusiaan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat sebagai wujud kepedulian sosial, dengan maksud dan tujuan kegiatan ini untuk mewujudkan sinergitas TNI/Polri, Pemerintah Daerah beserta komponen dan elemen masyarakat, sebagai persediaan cadangan darah diwilayah Kabupaten Banyumas,” katanya.

“Kegiatan ini juga wujud kepedulian TNI, sebagai implementasi dan penjabaran prajurit dalam mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya dan sebagai bentuk kemanunggalan TNI-Rakyat,” jelasnya.

“Kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai wahana dan wadah bagi prajurit dan PNS khususnya prajurit dan PNS Korem 071/Wijayakusuma dan Balak Aju Kodam IV/Diponegoro jajaran Korem 071/Wijayakusuma memberikan apresiasi dan semangat kepedulian terhadap sesama, kebersamaan, kesadaran dan jiwa sosial,” ungkapnya.

“Setetes darah yang kita dermakan kepada sesama sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. Dan dengan memberikan apresiasi ini, akan memberikan motivasi, teladan dan panutan bagi masyarakat sekitar. Mari kita budayakan donor darah. setiap tiga bulan sekali atau secara rutin sebagai pendonor tetap. Semakin banyak orang mendonorkan darah, semakin banyak pula nyawa orang lain yang akan tertolong jiwanya,” imbuhnya. ( NN | redpel ndra )