Rumah Sakit Dr TC Hillers Maumere Flores Gelar Steril Area

Laporan Pantauan Lapangan Tim Pers WBN NTT

WBN NTT │ Rumah Sakit Umum Daerah TC Hillers Kabupaten Sikka yang terletak di Jalan Wairklau, Maumere, Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur, 86113, Nomor Telepon: (081261153944) melakukan sejumlah langkah persiapan Standar Operasional Prosedur atau SOP (15/3/2020), diantaranya dengan melakukan steril area pada berbagai ruangan rawat pasien serta ruangan-ruangan khusus lainnya dalam mengantisipasi potensi rujukan Pasien Covid-19 Corona untuk wilayah daratan Flores dan Kabupaten Lembata, NTT.

Berdasarkan Pantauan langsung Jurnalis Warisan Budaya Nusantara di RSUD TC Hillers Maumere Kabupaten Sikka (15/3/2020), nampak berbagai ruangan rawat pasien dilakukan steril area sesuai SOP rumah sakit dan juga steril total pada ruangan Mawar RSUD setempat. Hilir mudik pengunjung pasien nampak tercontrol secara baik di sekitar Rumah Sakit TC Hillers Maumere.

Data Redaksi WBN NTT melaporkan, upaya steril area dilakukan masih dalam hubungan dengan penunjukan RSUD Dr TC Hillers Sikka sebagai salah satu Rumah Sakit yang dipercayakan untuk melayani rujukan dan rawat Pasien Covid-19 Corona.

Rangkuman WBN NTT, untuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, sebanyak Tiga Rumah Sakit Umum di tunjuk sebagai Rumah Sakit Rujuk Pasien Covid-19 Corona, yakni RSU Prof. Dr. W.Z Johanes Jl. Dr. Moch Hatta No. 19 Kupang Telepon: (0380-833614 ) Fax: (0380-832892 ) Email: rsd_kotakupang@yahoo.com .

Berikutnya, RSUD Dr. Tc Hillers Jl. Wairklau, Maumere, Kabupaten Sikka, NTT 86113 Telepon: (081261153944) Email: info@rsudtchillers.id dan RSUD Komodo Labuan Bajo Jln. Raya Labuan Bajo, Desa Golo Bilas, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT 86554 Telepon: (081337055250) Email: rsudkomodo@yahoo.com.

Sebelumnya dilaporkan 2 (Dua) Orang Warga Kabupaten Lembata, sepasang Suami Istri yang baru pulang dari Inggris (ODP), masih dalam Pantauan RSUD Lewoleba Kabupaten Lembata berada di Ruang Isolasi RSUD Lewoleba. Pemerintah Kabupaten Lembata telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur pada tanggal 14 Maret 2020. Disebutkan kedua pasien akan di rujuk ke RSUD TC Hillers Maumere sebagai salah satu Rumah Sakit yang di tunjuk untuk rujukan Pasien Covid-19, dari Tiga Rumah Sakit rujukan Covid-19 Corona yang ada di wilayah Provinsi NTT.

Berdasarkan laporan perkembangan data Covid-19 Corona Nasional per tanggal 15 Maret 2020, diketahui rilis data Nasional belum menunjukan adanya Pasien Covid-19 Corona dari RSUD Dr TC Hillers, Maumere dan RSUD Komodo Labuan Bajo di Pulau Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu, kondisi lain di Kota Mauere Pulau Flores, dilaporkan Puluhan Warga RW, 12, RT 4, Kelurahan Madawat, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka (14/3/2020) mengaku jujur bahwa mereka sangat ketakutan jika pada saatnya ada Pasien Covid-19 Corona dirawat di Rumah Sakit Dr. TC Hillers. Mereka mengaku bahwa Kota Maumere Kabupaten Sikka sedang dilanda wabah Demam Dengue (disingkat DBD) sebagai infeksi yang disebabkan oleh virus dengue, maka akan menambah kekhawatiran warga setempat.

Pada situasi yang sama, warga pengunjung Pasien di RSUD Dr TC Hillers Maumere juga mengeluhkan mereka kesulitan mendapatkan masker di beberapa apotik yang ada, termasuk pada sejumlah Apotik dalam radius Rumah Sakit setempat.

Warga mengaku pihak Apotik,mengatakan untuk sementara waktu stok masker kehabisan persediaan. Terhadap kondisi ini, Warga Pengunjung Pasien RSUD TC Hillers Maumere meminta perhatian nyata dari berbagai pihak untuk menjawabi kebutuhan masker bagi warga pengunjung pasien di RSUD Dr TC Hillers Maumere.

Pantauan Pers WBN NTT, meski demikian secara keseluruhan Kondisi Kota Maumere Kabupaten Sikka dalam keadaan kondusif, demikian juga aktifitas masyarakat berjalan seperti biasanya. Tim Pers WBN NTT │ NVF │Aurel Do’o │redpel-Indra