Perang Melawan Wabah Corono, Warga Babelan Desain Alat Tepat Guna Chamber Spray Disinfectan C19, Ini Kata Ketua Rw 016

WBN, Kabupaten Bekasi –  Warga Perumahan Harapan Elok Desa Babelan Kota Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi, Mendesain alat yang di sebut ‘Chamber Spray Disinfectan C19’ berfungsi untuk menyemprot cairan disinfektan secara otomatis, Guna    meminimalisir dan memutus mata rantai sebaran Virus Corona (Covid-19).

Lalu bagaimna cara kerjanya.

Chamber Spray Disinfectan C19 ini sebuah alat sederhana yang di pasang di pintu masuk Area Perumahan Harapan Elok Babelan kota, Alat ini terlihat sederhana  tapi manfaatnya sangat besar.

Chamber Spray Disinfectan C19 diisi dengan cairan disinfektan dengan komposisi cairan yang digunakan  sesuai dengan petunjuk dari Dinas Kesehatan melalui penyuluhan petugas dari Puskesmas, Alat ini dirakit  oleh para warga  Perumahan Harapan Elok Babelan kota, yang diinisiasi oleh Tedi selaku ketua RW 016.

Dari pantauan awak media yang melintasi lokasi tersebut, Ada keunikan dari Chamber Spray Disinfectan C-19.  Alat ini otomatis menyemprotkan Disinfectan ke object yang melintas dibawahnya. Namun semua itu tidak mengurangi fungsi peran sumber daya manusianya, seperti security yang bertugas 1×24 jam untuk menekan tombol On/Off nya.

Alat ini di letakkan di depan pintu masuk gerbang Perumahan Harapan Elok, tepatnya dekat pos security, dengan alasan untuk memutus penyebaran virus Covid19.

” kalau dipasang di depan pintu masuk perumahan kan lebih memudahkan kita untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini, karena banyak juga dari warga kita disini yang habis bepergian ke luar Bekasi, apalagi yang arah Jakarta, Tentunya  kita semua tahu,  Bahwa Jakarta ditetapkan daerah Pandemi Virus Covid-19. Jadi Chamber Spray C19 ini mudah-mudahan sangat membantu untuk bisa mencegah penyebaran Covid19 diwilayah Perumahan Harapan Elok khususnya,” Ungkap Tedi Ketua RW 016 sebagai inisiasi Chamber Spray, Sabtu (28/3/2020)

” Efektifitas dari alat ini juga salah satunya untuk mengurangi kemacetan lalu lintas kendaraan yang akan melaju masuk ke perumahan. Daripada kita semprotkan disinfektan ke orang per orang atau per kendaraan yang masuk, nantinya akan lebih kewalahan lagi, pastinya akan banyak orang atau kendaraan yang antri di depan pintu masuk yang akhirnya menimbulkan kemacetan” pungkasnya.

Sementara itu Iwan Nurben Ketua RT 003 Perumahan Harapan elo menambahkan, Pemerintah Desa Babelan Kota juga sudah menekankan kepada seluruh warga untuk mengikuti  imbauan  tetap tinggal dirumah masing-masing, jangan memaksa keluar rumah jika tidak ada kepentingan yang sangat mendesak. Penyemprotan disinfektan juga dilakukan ke seluruh titik di Desa Babelan Kota termasuk ke Perumahan Harapan Elok.

“Namun penyemprotan ini kan sifatnya berkala,  dan warga Harapan Elok sendiri menginginkan agar setiap saat kita melakukan seftyfitas(keamanan), demi memutus mata rantai penyebaran Covid19 ini,”tandasnya.

Maka dari itu lanjut Iwan Nurben, Dengan adanya PandemI Corona ini, kami bersama Ketua RW dan warga lainnya mengkreasikan pola pikir kami untuk membuat alat yang disebut Chamber Spray Disinfectan C19 ini.

“Anggarannya juga kami keluarkan dari uang kas RW, dan uang kas 9 RT yang ada di Perumahan Harapan Elok. Kami tidak membebani warga sedikitpun, karena warga sudah membayar iuran rutin perbulannya,” lanjut Rugani salah satu staf RW menambahkan.

Kembali dikatakan Tedi Ketua RW 016, Harapan kami semoga peristiwa fenomenal tentang  Covid19 ini segera  berakhir, dan Pemerintah Pusat bisa menemukan solusi yang terbaik untuk negeri ini terkait pemberantasan virus Corona (Covid19).

“Dan untuk Pemerintah Desa Babelan Kota khususnya, bersedia memberikan atau membantu untuk penyediaan cairan komposisi disinfektan yang kami butuhkan, Mengingat anggaran  yang tersedia di kas RT dan Rw sangat terbatas,”tutup Tedi Ketua Rukun Warga 016 Perumahan Harapan Elok, Desa Babelan Kota . (Ayu | redpel ndra)