Corona, Ketum Barisan Nasional Indonesia Ajak Berpikir Satu Langkah Dahului Peristiwa

WBN NTT│Ketua Umum Relawan Barisan Nasional Indonesia, Eri Pimasary yang beralamat di Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia melalui koresponden divisi Media Barisan Nasional Indonesia, dikutip biro redaksi WBN NTT (2/4/2020), merilis pesan dan himbauan siaga Bencana Penyakit, Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Berikut himbauan Ketua Umum Barisan Nasional Indonesia, Ery Primasari dikutip dari  Bidang Media Barisan Nasional Indonesia (2/4/2020).

Kecenderungan kasus Covid-19 Corona di Negara Indonesia per tanggal 2 April 2020 menunjukan peningkatan jumlah pasien positif terjangkit dan juga jumlah kematian pasien covid-19. Sedikitnya sudah dinyatakan sebanyak 1.790 orang pasien terjangkit covid-19 di Indonesia. Sebanyak 170 orang meninggal dunia. Pada aspek Kenegaraan, Predsiden RI Joko Widodo telah mengumumkan Kondisi Darurat Sipil secara nasional yang menyatakan keadaan bahaya.

Dengan memperhatikan dan menimbang multi aspek kehidupan dalam berbangsa dan bernegara atas wabah masif Covid-19, Ketua Umum Barisan Nasional Indonesia, Eri Primasari menyampaikan pesan dan himbauan kepada seluruh Relawan Barisan Nasional Indonesia di mana pun berada, pertama, memastikan diri untuk mengikuti semua seruan waspada dan siaga bencana wabah masif, dengan mengikuti seluruh peraturan dan peringatan yang dikeluarkan oleh Pemerintahan Negara yang sah dan seluruh penjabarannya mulai dari tingkat pusat sampai ke daerah-daerah dan seluruh pelosok tanah air Indonesia. Dalam hal ini termasuk dengan menjabarkan himbauan untuk berada di dalam rumah masing-masing dan tidak berkeluyuran di luar rumah, menerapkan pola hidup sehat dan bersih, demi menjaga keselamatan nyawa masing-masing dan atau untuk keselamatan bersama, segenap masyarakat Bangsa Indonesia.

Kedua, menanamkan pemikiran luhur dan preventif atas bencana Covid-19 Coronavirus yang sudah merambah di berbagai daerah yang tidak sedikit pula jumlah wilayah telah terkategori zona merah, dengan cara jangan lalai dalam berpikir dan mengambil tindakan siaga dini.

Ketiga, Kepada daerah-daerah yang masih dalam kategori zona hijau atau belum terjangkit Covid-19, maupun yang telah terjangkit, namun karena satu dan lain hal sehingga merasa belum seberapa angka kasus kejadian pada sebuah wilayah dan atau pada wilayah hunian tempat tinggal tertentu, maka Relawan Barisan Nasional Indonesia mengajak dan mendesak untuk membudayakan berpikir dan bertindak minimal satu langkah lebih cepat mendahui kejadian, sebab meski Indonesia pantang mundur dan selalu kokoh menghadapi bencana, namun tidak sedikit negara-negara di dunia pun menyatakan kewalahan menangani, jika lalai dan ataupun merasa Covid-19 sebagai hal yang biasa-biasa saja. Mari jaga keselamatan bersama.     

Keempat, segenap Relawan Barisan Nasional Indonesia adalah para pejuang moral yang selalu membangun dedikasi bagi bangsa dan negara Indonesia tercinta dengan masing-masing cara dan peran, maka mari lah terus berbhakti bagi Nusa dan bangsa dengan mengambil bagian secara sukarela sesuai kondisi dan kemampuan dalam peran menyelamatkan masyarakat, Bangsa dan Negara, dengan mengutamakan keselamatan dan mengikuti seluruh standar operasional prosedur baku dalam penanganan wabah Covid-19.

Kelima, Relawan Barisan Nasional Indonesia terpanggil menyuarakan semangat pengawasan sipil secara lebih berani, profesional dan jujur, mengawasi segala bentuk pendistribusian Anggaran Belanja Negara maupun  Anggaran Belanja Keuangan Daerah-Daerah untuk diselenggarakan secara benar-benar akuntabel, jurdil dan tepat sasaran, dengan juga berpihak kepada kebutuhan konsumsi keluarga-keluarga masyarkaat kecil dan menengah, dan atau sebagaimana telah diinstruksikan oleh Presiden Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo, dalam menangani talangan hidup masyarakat yang baru saja diutarakan guna dijabarkan secara profesional, padat karya, bersih dan jujur serta jiwa gotong royong, tolong menolong antar sesama dalam hidup berbangsa, bernegara dan bertanah air Indonesia jaya.

Dikutip rilis Bidang Pers Barisan Nasional Indonesia, disebutkan, penegasan Ketua Barisan Nasional Indonesia, Ery Primasari ditermaktub dalam uraian Lima Pikiran Relawan Barisan Nasional Indonesia, tertanggal 2 April 2020.

Keterangan foto berita : Ketua Barisan Nasional Indonesia, Ery Primasari

Tim WBN NTT│Aurel Do’o│redpel-Indra