Tangani DBD Puskesmas Golewa Ngada Lakukan Fogging Di Mataloko

WBN NTT│Dinas Kesehatan Kabupaten Ngada, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur, melalui Tim Medis Puskesmas Koeloda Kecamatan Golewa melaksanakan Fogging atau Pengasapan di wilayah Kelurahan Mataloko dan sekitarnya dalam daerah Kabupaten Ngada pada tanggal 1 April 2020.

Pantauan Tim WBN NTT (1/2/2020), kegiatan pengasapan atau fogging dilaksanakan mulai pasgi sampai menjelang pukul 2.00 siang. Pada satu hari sebelumnya sejumlah  Petugas Medis Puskesmas Koeloda Kecamatan Golewa terlebihdahulu melakukan pemberitahuan kepada warga dari rumah ke rumah bahwa dalam rangka mengatasi penyakit Demam Berdarah atau DBD, kegiatan fogging dilaksanakan di setiap rumah dengan cara pengasapan di semua pekarangan rumah-rumah warga, maupun di pada ruangan-ruangan dalam rumah warga setempat.

 

Menjawab awak media ini di lapangan, sejumlah Petugas Medis Puskesmas Koleloda Golewa mengatakan pengasapan dilakukan dalam kaitanan dengan upaya membunuh nyamuk Demam Berdarah di wilayah-wilayah yang dilakukan fogging atau pengasapan.

Penyakit demam berdarah atau DBD adalah salah satu permasalahan kesehatan masyarakat Indonesia. Karenanya seluruh warga masyrakat dihimbau agar menjaga kebersihan lingkungan, untuk menutup kesempatan perkembangbiakan nyamuk aides aigepty.

Rangkuman WBN Biro Redaksi NTT, Fogging ternyata hanya mampu membunuh nyamuk dewasa, bukan membunuh jentik nyamuk. Setelah fogging dilakukan, efeknya bertahan selama dua hari. Karenaitu masyrakat harus berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar pemukiman dan rumah tempat tinggal, baik di sekitar pekarangan rumah maupun di dalam rumah-rumah tinggal masyarakat.

Petugas Medis Puskesmas Koeloda Golewa Ngada
Petugas Medis Puskesmas Koeloda Golewa Ngada

Foto lapangan : Camera  De Paul;o Kevin Lando Do’o

WBN NTT│Aurel Do’o│redpel-Indra