Pasar Koja Baru Jakarta Utara Terapkan Jual Beli Daring Cegah Penyebaran COVID-19

WBN, Koja , Jakarta Utara – Pasar Koja Jakarta-Utara telah menerapkan sistem jual beli daring sebagai langkah dan antisipasi memutuskan matai rantai Penyebaran Virus Corona (COVID-19), Masyarakat tak perlu lagi datang ke pasar Koja ,aktivitas jual beli bisa dilakukan melalui aplikasi Whatsapps dan Short Mesagge Service (SMS) langsung ke pedagang barang yang dibeli pun dapat diantar langsung ke rumag pembeli.

Manager Area 14 Pasar Koja Baru ” Ersityarini mengatakan Sosialisasi penerapan jual beli daring telah dilakukan kepada para pedagang sebelum ditetapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Provinsi DKI-Jakarta dalam hal ini sebagai siasat agar pembeli tidak perlu mendatangi pasar untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Beberapa waktu lalu kami mengumpulkan pedagang yang mau didata oleh Kepala Pasar yang mau mengikuti anjuran jual beli Daring mayoritas pedagang mau melakukan jual beli Daring ” Kata Ersityarini saat dikonfirmasi (14/04).

Mekanisme jual beli daring ini dijelaskannya dimulai dengan Promosi melalui Media Sosial milik pedagang seperti : Instagram maupun Status aplikasi Whatsapps yang bisa dilihat pembeli dan pedagang dapat mempromosikan barang yang akan dijual lengkap ,Nama dan No.Tlp digencarkan melalui Akun Instagram @perumdapasarjaya.

Namun pada kenyataannya pembeli tidak hanya memesan satu barang melalui pedagang yang dituju saja melainkan turut meminta pedagang tersebut membelikan barang lainnya yang dibutuhkan pembeli dan hasil pembeli diakumulasikan dan diantar ke rumah pembeli melalui rekanan ataupun Ojek Daring.

Selain Pasar Koja Sistem jual beli daring seperti ini sudah diterapkan di 11 Pasar lainnya seperti Pasar Rawa Badak,Pasar Waru,Pasar Sinar,Pasar Sindang,Pasar Kalibaru,Pasar Sukapura,Pasar Kelapa Gading Mandiri,Pasar Tugu,Pasar Lontar dan Pasar Walang. Saya sampaikan ke pedagang kualitas barang yang dijualnya harus baik, Alhamdullilah sampai saat ini belum ada complain pembeli ke kami. Reporter ( Ahmad FG | redpel ndra )