RW Kelapa Gading Jakarta Utara Distribusi Paket Sembako Warga

WBN │ Pandemi Covid-19 Coronavirus berdampak tinggi pada kebutuhan pokok warga miskin dan rentan miskin di Jakarta-Utara. Sebagai wujud peduli kemanusiaan di tengah wabah, Rukun Warga (RW) Kelapa Gading Jakarta mendistribusikan Paket Sembako Kelapa bagi warga miskin dan rentan miskin di Jakarta Utara.

Rangkuman lapangan Tim WBN (15/04/2020), warga masyarakat kesulitan mendapatkan penghasilan di tengah wabah Covid-19 sebab harus menghindari aktivitas di luar rumah demi mencegah terjangkitnya Virus Corona (COVID-19). Atas kondisi demikian, sedikitnya Empat Pengurus Rukun Warga (RW) di Kelurahaan Kelapa Gading Barat Kecamatan Kelapa Gading Jakarta-Utara mengadakan kegiatan menggalang Dana Donasi Peduli Kemanusian bagi Warga terdampak Virus Corona (COVID-19).

Ketua Rukun Warga 08 Kelurahan Kelapa Gading Barat (Gading Kirana) Sutjipto (15/04/2020) mengatakan prihatin terhadap dampak Virus Corona (COVID-19). Karenaitu, pihaknya memberi gagasan aksi peduli kemanusiaan donasi.

“Sumbangan digabungkan dari empat Rukun Warga (RW) di Kelapa Gading Barat (RW 08) Gading Kirana,(RW 11) Janur Elok,(RW 12) Janur Asri,(RW 21) Artha Gading Villa ke empat (RW) yang lokasinya sangat berdekatan. Sumber donasi dari warga yang terpanggil untuk membantu sesama”, kata Sutjipto saat dikonfirmasi (15/04/2020).

Diterangkan, hasil penggalangan donasi terkumpul sebanyak 819 Paket Sembako yang masing-masing berisi : Beras,Minyak,Gula,Mie Instan, semua sembako diberikan yang berhak menerimanya, 700 Paket Sembako didistribusikan kepada Warga Rawa Sengon dan Tanah Merah,60 Paket Sembako kepada Pedagang Kaki Lima (PKL),30 Paket Sembako Pedagang Tanaman ,15 Paket Sembako Pengurus Masjid Baitul Janah dan 14 Paket Sembako Petugas PPSU.

Sementaraitu untuk pendistribusian, secara simbolis dilakukan oleh Pimpinan Tiga Pilar, dalam hal ini Pemerintah, TNI dan Polri Kecamatan Kelapa Gading, selanjutnya untuk diberikan kepada perwakilan Warga, dengan pola distribusi Paket Sembako langsung ke setiap rumah atau door to door. Hal ini demi menghindari terjadinya pengumpulan massa. Selain paket sembako, distribusi donasi yang diberikan juga berupa Paket Alat Pelindung Diri (APD) seperti Masker yang didonasikan ke Puskesmas dan satu gerobak motor Penyemprot Cairan Disinfektan yang bisa digunakan untuk seluruh lingkungan Kelapa Gading.

Atas wujud peduli kemanusiaan ini, Camat Kelapa Gading Wawan Hermawan mengungkapan ucapan terima kasih dan apresiasi atas penggalangan donasi dan pendistribusian Paket Sembako.

“Kegiatan ini menjadi contoh gerakan peduli sosial melalui aksi donasi juga sebenarnya sama-sama terkena imbas akibat wabah Virus Corona (COVID-19), namun dalam kondisi ini mereka mampu menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu kebutuhan masyarakat sekitar.

Reporter Ahmad FG │AD – WBN│Redpel-Indra