Juknis Dana BOS Berubah, Kadis Pendidikan Ngada Informasikan Ini Itemnya

WBN  NTT │ Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ngada, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Vinsensius Milo, M.M., menginformasikan pihak Dinas meminta sekolah-sekolah merampungkan Rencana Kerja Anggaran Sekolah atau RKA sesuai Petunjuk terbaru.

Penegasan ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ngada, Flores, Vinsensius Milo, M.M, dikutip Redaksi Pers WBN NTT, Jumad (17/4/2020) .

“Ada Juknis Dana BOS terbaru yang memuat perubahan peruntukan untuk item pembelanjaan. Kami pastikan langsung tindak lanjut di daerah. Sekolah-sekolah patut merampungkan Rencana Kerja Anggaran Sekolah atau RKA sesuai Petunjuk terbaru. Dalam penyusunan itu, sekolah-sekolah akan didampingi oleh Tim Manajemen BOS Kabupaten”, urai Vinsensius Milo, M.M.

Dikutip WBN NTT, berikut garis besar theknis BOS terbaru.

Penggunaan BOS di Masa Kedaruratan Covid-19. Kategori Pembayaran Honor,

  1. Sebelum Covid-19 : Dapat digunakan untuk pembayaran Guru Honorer yang memiliki NUPTK, belum memiliki Sertifikat Pendidik dan Tercatat di Dapodik pada 31 Desember 2019 (tidak untuk pembayaran Guru Honorer baru.
  2. Masa Darurat Covid-19 : Dapat Digunakan untuk Pembayaran Guru Honorer yang tercatat pada Dapodik per 31 Desember 2019 (Tidak untuk membiayai Guru Honorer baru, belum mendapatkan tunjangan profesi dan memenuhi Beban Mengajar, termasuuk Mengajar dari Rumah.
  3. Sebelum Covid-19 : Dapat diberikan kepada Tenaga Kependidikan apabila Dana masih Tersedia.
  4. Masa Darurat Covid-19 : Tetap Dapat diberikan kepada Tenaga Kependidikan apabila Dana masih Tersedia.
  5. Sebelum Covid-19 : Persentase Penggunaan Pembayaran Honor Paling Banyak 50%.
  6. Masa Darurat Covid-19 : Ketentuan Pembayaran Honor Paling Banyak 50% Tidak Berlaku.

Penekanan Alokasi lainnya terkait Covid-19, Dapat digunakan untuk Pembelian Pulsa, Paket Data, dan atau Layanan Pendidikan Daring Berbayar bagi Pendidik dan atau Peserta Didik dalam rangka Pelaksanaan Pembelajaran dari rumah.

Berikutnya, Dapat digunakan untuk Pembelian Cairan atau Sabun Pembersih Tangan, Pembasmi Kuman (Disinfektan), Masker atau Penunjang Kebersihan*.

 

Keterangan Foto Berita : Kadis Pendidikan Kabupaten Ngada, Vinsensius Milo, M.M

Tim WBN NTT │Aurel Do’o│Redpel-Indra