Ibadah di Tengah Pandemic Virus Corona

WBN, Kabupaten Bekasi~Kepala Desa Sukawangi, Sekam Asmawijaya mengundang para tokoh agama, para tokoh masyarakat, DKM mesjid musolah, Kapolsek, Camat Sukawangi, aparatur desa Sukawangi. BPD, juga ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Bekasi, KH. Mukti Ali terkait sosialisasi penyelenggaraan pelaksanaan ibadah di bulan suci Romadhon dan Hari Raya Idul Fitri 1441 H/2020 M selama berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang sedang terjadi saat ini. (24/04/2020)

Bertempat di Masjid Jami Al Hidayah, sebelah kediaman Kepala Desa Sukawangi, Sekam Asmawijaya, Ketua MUI KH. Mukti Ali beserta para Tomas (tokoh masyarakat) yang hadir menjelaskan bahwa MUI tidak melarang siapapun untuk menjalankan Sholat Jumat, MUI tidak melarang siapapun untuk menjalankan Sholat Tarawih ataupun Sholat Idul Fitri, dan MUI juga tidak melarang siapapun untuk menjalankan ibadah, tetapi MUI hanya melarang siapapun untuk kumpul.

Karena mengingat dahsyatnya penyebaran Virus Corona saat ini pemerintah pusat membuat aturan untuk masyarakat nya. Dan MUI yang dimana fatwanya menjadi aturan dalam kehidupan beragama umatnya, maka dalam hal ini MUI pun membuat aturan yang dapat menyelamatkan umat dari sebaran virus ini. “Walaupun kami rasakan berat sekali untuk memutuskan peraturan seperti ini” lanjut Ketua MUI , KH. Mukti Ali.

Guna memutus mata rantai sebaran virus Corona (Covid19), maka pimpinan Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan maklumat, beberapa diantaranya adalah : 1. Pelaksanaan ibadah sholat Jumat diganti dengan Sholat Dzuhur dirumah masing-masing. 2. Pelaksanaan sholat sunah tarawih dirumah masing-masing. 3. Tetap mengumandangkan adzAn sholat lima waktu dengan pengeras suara. 4. Tadarus Alquran boleh dilakukan di masjid/musholla masing-masing, jika dengan pengeras suara dibatasi sampai pukul 22.00 wib. 5. Tidak melaksanakan kegiatan yang membuka peluang terjadinya penularan virus Covid19, seperti tarawih keliling, buka puasa bersama, sahur on the road, takbir keliling serta tabligh Akbar.

Kepala Desa Sukawangi, Sekam Asmawijaya dalam sambutannya juga menyatakan semoga kita semua, seluruh masyarakat muslim, khususnya warga Desa Sukawangi senantiasa dalam lindungan Alloh SWT, dalam melaksanakan ibadah puasa agar diberikan kemudahan dan kelancaran, dan sama-sama kita berdoa agar wabah virus Corona atau Covid-19 ini segera berlalu dan hilang dari keberadaannya disekitar kita.

Kemudian giat sosialisasi ini ditutup dengan doa.

(Ayu|  redpel ndra)