Covid-19 Mewabah, Tindak Kriminal di Gowa Menurun

WBN, GOWA – Pasca pandemi corona virus (covid-19) melanda Kabupaten Gowa membuat masyarakat di daerah berjuluk Butta Bersejarah inipun fokus pada penyebaran wabah virus ganas ini.

Nyaris sisi kehidupan lainnya tak tersentuh kecuali hanya persoalan sudah berapa warga yang terinfeksi covid-19. Dari waktu ke waktu masyarakat disibukkan dengan peningkatan jumlah ODP (orang dalam pemantauan), PDP (pasien dalam pengawasan) serta yang tervonis positif corona.

Rupanya wabah covid-19 ini pun membuat masyarakat sedikit patuh untuk menyikapi kondisi yang nyaris melumpuhkan sisi ekonomi negara dan daerah. Di sisi lain membuat masyarakat pun lebih berhati-hati bahkan sedikit demi sedikit mulai mengurangi aktivitasnya di jalan raya.

Berkurangnya aktivitas di jalan raya ini ternyata juga berpengaruh pada tingkat kondusifitas daerah. Terbukti, sejak covid-19 mewabah jumlah kasus kriminal di Gowa cenderung menurun.

Ini terlihat dari data jumlah kasus terjadi pada saat dilakukan analisa dan evaluasi (anev) minggu di bulan April 2020 ini.

Berdasarkan data Anev mingguan April Satreskrim Polres Gowa serta Polsek jajaran dalam wilayah hukum Polres Gowa terhitung minggu ke IV (20-26 April 2020) tercatat hanya 31 kasus.

Secara detil 31 kasus ini tersebar pada masing-masing lingkup Polres Gowa jumlah LP (laporan polisi) sebanyak 14 kasus, lingkup Polsek Somba Opu 8 kasus, Polsek Pallangga hanya 1 kasus. Polsek Bontomarannu 0 kasus. Polsek Barombong juga 0 kasus.

Polsek Bajeng 3 kasus, Polsek Bontonompo 3 kasus,  Polsek Manuju 0 kasus, Polsek Bungaya 1 kasus, Polsek Biringbulu 0 kasus, Polsek Tompobulu 0 kasus, Polsek Parangloe 1 kasus, Polsek Tinggimoncong 0 kasus dan Polsek Tombolopao 0 kasus.

Jumlah kasus di minggu ke-IV April cenderung menurun dibanding jumlah kasus pada minggu ke-III April kemarin (13-19 April 2020) yakni sebanyak 41 kasus, ungkap Kasubbag Humas Polres Gowa AKP. M. Tambunan

Terpisah Kapolres Gowa pasca menerima data Anev gangguan Kamtibmas mengatakan, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kinerja seluruh jajaran dan berharap agar terus lakukan upaya preemtif dan preventif agar tindak kriminal dapat terus kita tekan, pungkas AKBP Boy Samola.

(Heriyanto | redpel ndra)