Pemkab Barru Launching Penyerahan Bantuan Sosial di Taman Colliq Pujie

BARRU– Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si Launchingkan Penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bantuan Sosial Tunai (BST), Paket Mustahik, BLT Desa, BLT Kelurahan dan Kartu Pra Kerja Kepada Keluarga yang Terdampak Covid-19 di Taman Colliq Pujie Alun-Alun Kota Barru Jl. AP. Pettarani Kelurahan Coppo Kecamatan Barru Kabupaten Barru, Minggu (10/5/2020).

Pada kesempatan penyaluran Bantuan ini dihadiri anggota DPR-RI Komisi IX Drg. Hj. Hasnah Syam Suardi, Dandim 1405/Mlts Letkol Kav Ali Syahputra Siregar, SH.,MH, Kapolres Barru AKBP Welly Abdillah, S.H, S.I.K, Kejaksaan Negeri Barru Ardi Suryanto,SH. MH, Ketua Pengadilan Negeri Barru Cahyono Riza Adrianto, SH, MH, wakil Bupati Barru Ir. Nasruddin AM. MSi, Sekda Barru Dr. Ir. Abustan. M. Si, Ketua Baznas/MUI Kab Barru Prof DR. H. M. Faried Wadjedy, LC. MA, Kabag Ops Polres Kompol Andi Sunra,S.Sos, Danramil 1405-06 Barru
Kapten Inf Billahi, Pimpinan PT Pos Kab. Barru Yatni Marina, Kepala BRI Unit Barru
Irwansyah, Camat, Lurah dan Kepala Desa Se Kab. Barru.

Beliau menyerahkan bantuan berupa Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia sebanyak 6.547 KPM yakni PT. POS sebanyak 5.542 KPM, Bank BRI sebanyak 917 KPM dan Bank BNI sebanyak 88 KPM.

Selain itu juga diserahkan Program Sembako / BPNT Dari Kementerian Sosial sebanyak 16.562 KPM, Program Keluarga Harapan/PKH sebanyak 6.390 KPM, BLT Dana Desa sebanyak 6.915 KPM, BLT Kelurahan yang bersumber dari APBD Kabupaten Barru sebanyak 3.200 KPM (data ini masih bergerak dan masih dilakukan verifikasi) dan Kartu Pra Kerja sebanyak 37 Orang.

Disamping itu, BAZNAS Kabupaten Barru juga berpartisipasi sesuai dengan kriteria BAZNAS sebanyak 6.500 Rumah Tangga Fakir Miskin.

“Kami menyadari bahwa kegiatan seperti ini ditengah Pandemi COVID 19, pasti menuai kritikan akan tetapi kami meyakini bahwa dengan cara seperti ini kami ingin menyampaikan kepada kita sekalian bahwa seluruh kegiatan yang terkait dengan penyaluran bantuan dalam rangka penanganan COVID 19 harus dibuka dan dipublikasikan seluas-luasnya kepada masyarakat, sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas,”kata Suardi Saleh

Dengan demikian, maka Total penduduk Kabupaten Barru yang akan mendapatkan bantuan sosial sebanyak 39.651 KPM atau sekitar 70,21 persen dari 56.471 Rumah Tangga yang ada di Kabupaten Barru. Akan tetapi kalau ditambah dengan bantuan yang disalurkan BAZNAS Kabupaten Barru sebanyak 6.500 KPM, maka total penduduk Kabupaten Barru yang mendapatkan bantuan sebanyak 46.151 KPM atau 81,72 persen.

“saya juga mengharapkan kepada Bapak Kapolres dan Dandim 1405 Mallusetasi agar mengistruksikan kepada Babinkamtibmas dan Babinsa yang ada di Desa/Kelurahan untuk membantu Kepala Desa dan Lurah untuk mengawal bantuan ini. Kalau dalam penyalurannya ada penduduk yang tidak layak menerima, maka harus melakukan pembatalan. Demikian halnya, ketika masih terdapat penduduk yang layak menerima tetapi tidak ada dalam daftar, maka harus dilakukan pendataan kembali sesuai mekanisme yang ada, yaitu mulai dari musyawarah dengan melibatkan stakeholder yang ada di Desa dan Kelurahan,”Tambahnya.

Bupati Barru menitip pesan Kepada Kepala Desa dan Lurah agar penyaluran bantuan ini harus sesuai dengan norma norma atau aturan yang berlaku, bantuan ini adalah tanggung jawab yang besar dan mulia. Lakukan verifikasi dan penyesuaian secara terus menerus serta perbaikan data secara obyektif dan tidak boleh ada diskriminasi,”pesan Suardi Saleh saat launchingkan Penyaluran Bantuan sosial.

(Reporter Hasyim. edt Marten)