Lampung,WBN-Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa bisa menjadi solusi yang tepat dalan penanggulangan dampak Covid-19, anggaran ini juga bisa memperkuat peran pemerintahan di desa. Selain itu dapat menjadi bukti kepedulian dan tanggung jawab pemerintah didesa terhadap kebijakan dalam mengatasi dampak Pandemik Covid-19, Kamis (21/05/2020).

Menurut Supri ,yang merupakan PJ Kepala Desa Bengkulu Rejo, Kecamatan Gunung Labuhan, Kabupaten Way Kanan, mengatakan, dalam merealisasi dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) tersebut, merupakan pada tahapan pertama ini telah menyalurkan bantuan tersebut sesuai dengan mekanisme dan petunjuk tehknis, baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

Lanjut Supri , bahwa dalam pelaksanaan penyaluran tersebut, juga disaksikan oleh perwakilan Camat, Kecamatan Gunung labuhan, Kapolsek, serta Babinsa dan penyaluran berjalan lancar, transparan, tepat sasaran sesuai dengan data masyarakat yang berhak menerimanya.

“Saya bersama staf, telah membagikan BLT kepada masyarkat Desa Bengkulu Rejo, ” Kata Supri saat menyampaikan hal ini kepada Media warisanBudayaNusantar.com saat di wawancarai di balai kampung Bengkulu Rejo.

“Prinsip saya, ini uang masyarakat, uang mereka, saya tidak mau berlama-lama untuk memberikan kepada mereka, sehari setelah pencarian dana desa , saya langsung salurkan, harapan saya ini bisa membantu perekonomian keluarga mereka yang agak melemah akibat pandemik covid ini,” Imbuhnya.

Lebih lanjut lagi Supri mengatakan, Jumlah Kepala Keluarga atau KK yang telah mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT), berjumlah 128 KK dengan besaran bantuan secara totalnya Rp.600 ribu per orang.

“Saya berharap, selaku PJ Kepala Desa dan pribadi serta pemerintah Desa secara Kolektif bantuan yang telah disalurkan ini, benar benar bisa di manfaatkan dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, rumah tangga masing-masing selama beberapa bulan ke depan sampai dampak Covid-19 ini dinyatakan normal kembali,” Ungkapnya.

Dalam upaya penanganan dan pencegahan penyebaran Virus Covid-19, Kata PJ Kepala desa Bengkulu Rejo, dirinya bersama Staf Desa Bengkulu Rejo telah melakukan berbagai langkah preventatif, berupa sosialisasi dan himbauan langsung kepada masyarakat, juga membagikan masker secera keseluruhan dari rumah ke rumah masyarakat.

“Untuk itu, saya mengingatkan dan menghimbau kepada masyarakat Desa Bengkulu Rejo untuk tetap mengikuti intruksi pemerintah, jaga jarak, selalu cuci tangan dengan sabun dan selalu menggunakan masker jika keluar untuk beraktifitas diluar rumah,” tutupnya.

Laporan Basirawan

Share It.....