Tidak Kenakan Masker, 11 Pengunjung Pasar Kali Baru Disanksi Sosial

Cilincing, Jakarta-Utara. WBN – Petugas gabungan unsur Satpol PP, TNI-Polri, Sudin Perhubungan, Kelurahan, dan Kecamatan menggelar operasi penegakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi diri Pasar Kali Baru, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (11/6).

Hasilnya, sebanyak 11 pengunjung pasar dikenakan sanksi sosial lantaran tidak mengenakan masker.

Wakil Camat Cilincing, Ceffi Hanafi mengatakan, pengawasan tersebut sebagai bentuk penertiban warga agar mematuhi aturan PSBB masa transisi. Petugas menyisir setiap sudut pasar yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

“Hari ini ada 45 petugas yang diterjunkan di Pasar Kali Baru. Menyisir pasar bagi yang tidak menerapkan protokol kesehatan,” kata Ceffi saat dikonfirmasi, Kamis (11/6).

Dalam operasi ini, disebutkannya 11 pengunjung dikenakan sanksi sosial berupa menyapu fasilitas umum sambil mengenakan rompi orange. Setelah itu, pelanggar diminta untuk mengenakan masker agar terhindar dari penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Mereka kita minta lakukan kerja sosial membersihkan fasilitas umum. Ini sebagai efek jera agar tidak mengulang,” jelasnya.

Dipastikannya, operasi serupa akan digelar diberbagai lokasi keramaian. Diharapkan dengan adanya operasi ini maka masyarakat semakin tertib dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Walaupun kita sudah memasuki masa transisi protokol kesehatan PSBB tetap harus dijaga. Bahkan diperketat,” tutupnya. Reporter ( Ahmad FG )