Penyerahan BPNT dan Penyaluran BST Tahap II Desa Cimacan Kabupaten Cianjur

WBN.Cianjur – Kepala Desa Cimacan (Deden Ismail S.T) Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur, melaksanakan penyerahan Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai (8/06/2020) serta Penyaluran BST tahap Kedua (11/06/20).

Program ini juga diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk menjangkau layanan keuangan formal di perbankan, sehingga mempercepat program keuangan inklusif. Penyaluran bantuan sosial secara non tunai kepada masyarakat dinilai lebih efisien, tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat kualitas, serta tepat administrasi.

Kartu elektronik yang dimaksud dapat digunakan untuk memperoleh beras, telur, dan bahan pokok lainnya. Selain itu, penyaluran bantuan sosial non tunai juga dapat membiasakan masyarakat untuk menabung karena pencairan dana bantuan dapat mereka atur sendiri sesuai kebutuhan. (paparnya)

Untuk menyalurkan bantuan sosial non tunai ini dan Bantuan Sosial Tunai, diawali dengan pendaftaran peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dilakukan oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Berjumlah 160 Tambahan Tahap II dari jumlah keseluruhan 372 (BPNT) dan 1.499 Bantuan Sosial Tunai (BST) yang dilaksanakan di Aula Desa Cimacan berjalan dengan baik, tertib dan aman mengikuti anjuran Pemerintah protokol kesehatan New Normal.

Warga Cimacan yang berjumlah 19.000 jiwa, sedangkan data masyarakat tak mampu non Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (3.419) orang.
Terhitung warga penerima PKH dan BPNT ada 777 KK, ditambah Penerima BLT dari Kemensos 1.499 KK, Bantuan Gubernur 219 KK, BLT Desa 238 KK, dan bantuan kabupaten ada 1.314 KK.
Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang telah mendapat surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan.

Setelah verifikasi data selesai, penerima bantuan sosial akan dibukakan rekening di bank dan mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) bagi BPNT yang berfungsi sebagai kartu non tunai untuk pengambilan bantuan pangan. Penerima bantuan sosial yang telah memiliki KKS dapat langsung datang ke e-warong (Elektronik Warung Gotong Royong) terdekat untuk melakukan transaksi pembelian bahan pangan menggunakan KKS. E-warong adalah agen bank, pedagang atau pihak lain yang telah bekerja sama dengan bank penyalur dan ditentukan sebagai tempat pencairan/penukaran/pembelian bahan pangan oleh KPM, yaitu pasar tradisional, warung, toko kelontong, warung desa, Rumah Pangan Kita (RPK), agen bank yang menjual bahan pangan, atau usaha eceran lainnya.

KPM dapat membeli bahan pangan sesuai kebutuhan pada e-warong yang memiliki tanda lokasi penyaluran bantuan sosial non tunai yang berada diwilayah 4 kedusunan yang telah ditentukan oleh Kepala Desa Cimacan. (M.Chernawan)