Lumbung Nusantara Berbagi Kasih kepada Masyarakat Jakarta Utara melalui FKUB

Jakarta-Utara, WBN – Pada masa New Normal yang baru saja berjalan di Jakarta akan tetapi Dampak pandemi Covid-19 masih terasa, termasuk dampak non medis terutama masalah kebutuhan pokok pangan bagi masyarakat. Akibat PSBB maka semua penduduk harus tetap di rumah dan tidak bekerja dengan kemungkinan tanpa penghasilan.

Kondisi ini sangat dirasakan masyarakat DKI Jakarta. Bantuan pemerintah perlu didukung juga oleh masyarakat secara bergotong royong untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19. Salah satu kepedulian itu ditunjukkan oleh Lumbung Nusantara dan Ormas Kristen seperti Yayasan Lumbung Yusuf Indonesia bersama-sama My Home, PGLII DKI Jakarta, STT LETS, dan PEWARNA Indonesia (Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia). Wujud kepedulian sosial tersebut diserahkannya 150 Paket Sembako kepada FKUB DKI Jakarta Utara, Kamis (18/06/2020) Bertempat di halaman Musholla Al Hikmah Jl. Papanggo I B Rt. 008/01 Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Pusat.

Sekertaris FKUB Jakarta Utara H. Endang sejak pagi hari sudah mempersiapkan warga di sekitar untuk berkumpul menyambut FKUB Jakarta Utara dan Pengurus Lumbung Nusantara Pdt. Dr. Ir. Rahmat Manullang M.Si, M.Th.

Haji Endang Sekretaris FKUB Jakarta utara mengucapkan terimakasih kepada Lumbung Nusantara dan kawan-kawan pers PEWARNA Indonesia (Persatuan Wartawan Nasrani) yang sudah hadir di halaman halaman Mushollla Al Hikmah Papanggo Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara.

Pengurus FKUB Jakarta Utara yang hadir K.H. Wirta Amin Assallaf (Ketua FKUB Jakarta Utara dari MUI), Haji Endang Muchtar (Sekretaris FKUB Jakarta Utara MUI/Islam) , Penatua Demsi H. Pandelaki (Protestan), Bambang Winarso (Katolik), Ws Lie Suprijadi (Konghucu), Herry (Budha), Dorgis Sinurat (Khatolik), Made Dane (Hindu).

Sambutan dari Koordinator Nasional Lumbung Nusantara Pdt. Dr. Ir. Rahmat Manullang M.Si, mengatakan “Saya adalah perwakilan dari Yayasan Lumbung Yusuf Indonesia dan Lumbung Nusantara sebelumnya Rachmat Manullang salam kepada masyarakat yang hadir di halaman Musholla Al Hikmah , selama ini kami telah mendirikan Posko di berbagai lokasi di Jabotabek” ungkapnya.

Lebih lanjut Rahmat Manullang mengatakan “Kami membagikan paket sembako ini tidak ada maksud unsur lain kami merasakan saudara-saudara kita yang membutuhkan dan juga banyak saudara-saudara kita terdampak Covid-19, dan hari ini saya juga ingin bersilaturahmi kepada FKUB DKI Kota madya Jakarta Utara. Dan saya mewakili teman-teman mengucapkan terima kasih telah membantu kegiatan ini dari bulan April di berbagai wilayah yang sudah bekerja keras dalam kegiatan ini untuk meringankan saudara-saudara kita yang terdampak Covid-19 ini, kita tidak tahu kapan berakhirnya pandemik ini. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada ketua FKUB Jakarta Utara, walaupun bantuan kami ini cuma 150 paket sembako yang terdiri ada beras, minyak, handsanitizer dan lain-lain. Diharapkan mampu membawa keringanan dan kelegaan kepada warga Lintas agama yang menerima bantuan” terangnya.

Drs. K.H. Wirta Amin Asalaff, M. Si /Ketua FKUB Jakarta Utara dalam sambutannya menerangkan apa arti FKUB itu, yang artinya adalah Forum Kerukunan Umat Beragama, mempersatukan umat beragama agar rukun bukan mempersatukan agama-agama karena masing masing umat sudah memiliki keyakinannya masing-masing dengan wadah FKUB ini umat beragama rukun, saling berbagi seperti yang telah dicontohkan Lumbung Nusantara dibawah pimpinan Pdt. Dr. Ir. Rahmat Manullang M.Si. yang telah mengorbankan waktunya untuk datang ke wilayah Papanggo Tanjung Priok dan mengatakan “Kami atas nama warga Rt 008/01 Kelurahan Papanggo mengucapkan terimakasih atas bingkisan sembako utk Warga disekitar Rt 003 dan R T 008/01 serta RW 02 Kel Papannggo. Semoga Tuhan Y M E mengganti yg berlipat ganda, amiin”

Disamping itu Dr. Antonius Natan yang juga Sekretaris PGLII DKI Jakarta selaku inisiator bersama PEWARNA menyatakan kegiatan ini adalah salah satu bentuk kepedulian masyarakat Kristiani untuk meringankan kebutuhan akan sembako kepada sesama. Pada kesempatan ini Antonius Natan yang juga pengurus Lumbung Yusuf menghimbau agar setiap warga yang mampu memperhatikan sesama warga di lingkungan masing- masing, membantu dan meringankan beban. Covid-19 merupakan virus yang harus kita hindari dan menjadi musuh bersama. Mari kita perangi dengan menjaga diri tetap bersih, tetap di rumah saja dan gunakan masker jika terpaksa keluar rumah serta menjaga jarak.

Dr. Rachmat Manullang menyatakan juga bahwa kita perlu bersama belajar berkebun menanam sayur mayur dirumah masing masing sebagai bagian dari Gerakan Ketahanan Pangan yang digaungkan oleh Lumbung Yusuf. Bertani dan Beternak menjadi penting untuk mempertahankan hidup di masa depan menuju New Normal. Demikian Penggerak Generasi Social Entrepreneur – Membangun Negeri dengan Beternak dan Bertani.

Reporter: Johan Sopaheluwakan