Polda Sulsel Laksanakan Upacara Hari Bhayangkara ke 74 Secara Virtual

Makassar,-Upacara Hari Bhayangkara Ke 74 Tahun 2020 dilaksanakan serentak dari tingkat Mabes Polri, Polda dan Polres secara virtual dengan menerapkan protokol kesehatan, Upacara Hari Bhyangkara ke 74 Polda Sulsel secara virtual dihadiri oleh Kapolda Sulsel, Gubernur Sulsel, Pangdam XIV Hasanuddin , Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel, Ketua DPRD Prov.Sulsel, Forkopimda Prov. Sulsel, Wakapolda Sulsel, dan Para PJU Polda Sulsel yang dilaksanakan di Aula Mappaodang Mapolda Sulsel, Rabu (1/7/2020).

Peringatan Hari Bhayangkara saat ini di selenggarakan berbeda dgn tahun sebelumnya karena sedang dalam masa pandemi Covid-19, yang mana biasanya upacara di lakukan secara langsung dan tatap muka namun tahun ini di lakukan secara virtual.

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut selaku inspektur upacara yaitu Presiden RI Joko Widodo dan di ikuti oleh seluruh jajaran Polda di Indonesia melalui media video conference.

Dalam amanatnya Presiden RI Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat Hari Bhayangkara Ke 74 bagi Institusi Polri di seluruh Indonesia.

“Saya atas nama Rakyat, Bangsa dan Negara Republik Indonesia mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-74 kepada keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia di manapun bertugas. Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian, pengorbanan dan sumbangsih dalam menjaga keamanan dan ketertiban, menegakkan hukum serta memberikan pengayoman, perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat selama ini” Ujar Presiden RI Joko Widodo.

Lanjut dalam amanatnya, Presiden RI Joko Widodo mengajak untuk mendoakan para prajurit Polri yang gugur dalam tugas, agar diberikan tempat yang mulia di sisi Tuhan
yang Maha Esa, serta kepada seluruh personel Polri dan keluarganya senantiasa diberikan kesehatan.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo S.Ik M.Si kepada awak media mengatakan bahwa makna Hari Bhayangkara tahun ini adalah lebih kepada mengatasi Covid-19.

“Makna Hari Ulang Tahun Polri atau Hari Bhayangkara tahun ini lebih ke bagaimana mengatasi Covid-19. Mengatasi disini bukan hanya mencegah tetapi aman dan bebas,” ucap Kabid Humas.

Kabid Humas juga menjelaskan bahwa jelang tatanan kehidupan yang baru ini, TNI Polri hadir ditempat-tempat keramaian masyarakat.

“Ya, terkait pendisiplinan terhadap masyarakat, sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo TNI-Polri wajib hadir ditempat dimana ada kegiatan aktivitas masyarakat untuk memberikan sosialisasi ataupun memantau penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, untuk memutus penyebaran covid 19″,jelas Kabid Humas Polda.

Reporter Herman