Dua Aplikasi Komunikasi Gugus Tugas Disosialisasikan di Kelurahan Sunter Jaya

Jakarta-Utara, WBN – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus (Covid-19) Kota Administrasi Jakarta Utara mensosialisasikan aplikasi daring bernama Jakarta Utara Sehad dan Pantau Jakarta Utara Sehad di Kantor Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Selasa (7/7).

Sosialisasi dilakukan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat Rukun Warga (RW) yang masuk dalam zona merah, yakni Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, dan Pademangan Timur, Pademangan.

Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan, kegiatan ini merupakan sosialisasi lanjutan pengenalan dua aplikasi berbasis android bernama Jakarta Utara Sehad dan Pantau Jakarta Utara Sehad yang sebelumnya dilakukan pada Jumat (3/7) lalu. Kedua aplikasi ini merupakan karya inovatif jajaran Polres Metro Jakarta Utara dalam percepatan penanganan Covid-19.

“Jumat sore lalu, kami melalui sosialisasi melalui aplikasi zoom bersama seluruh RW. Mengenalkan dua aplikasi daring sebagai alat komunikasi dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Jakarta Utara. Ini sebuah inovasi karya jajaran Polres Metro Jakarta Utara,” kata Sigit, saat ditemui di Kantor Kelurahan Sunter Jaya, Selasa (7/7).

Bersyukur, sosialisasi ini direspon baik oleh peserta sosialisasi dengan mengunduh dan memanfaatkan aplikasi demi mendukung pelaksanaan percepatan penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing.

Tentu pengembangan aplikasi ini akan terus dilakukan secara kolaborasi antara Pemerintah Kota, TNI-Polri dan unsur masyarakat. Sehingga kedua aplikasi ini dapat semakin luas dimanfaatkan dan penanganan Covid-19 di Jakarta Utara segera tuntas.

“Ini karya yang luar biasa. Atas nama Pemerintah Kota dan masyarakat Jakarta Utara berterima kasih. Tentu pengembangan aplikasi ini akan terus dikerjakan secara kolaborasi sehingga manfaat aplikasi akan semakin luas dan penanganan Covid-19 di Jakarta Utara cepat dituntaskan,” jelasnya.

Kapolres Metro Jakarta Utara Komisaris Besar Polisi Budhi Herdi Susianto menerangkan, kedua aplikasi ini merupakan sarana komunikasi antara penderita Covid-19 dan Gugus Tugas mulai dari tingkat RW, kelurahan, kecamatan, hingga kota.

Bukan menggantikan tugas yang telah dilakukan secara konvensional, namun kedua aplikasi ini dapat membantu beragam tugas dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melalui teknologi komunikasi.

“Jadi yang selama ini tugas yang sudah kita lakukan sekarang dibantu dengan teknologi. Sehingga kita bisa berkomunikasi dengan pasien, pasien juga dapat berkomunikasi dengan gugus tugas. Termasuk informasi pemberian bansos (bantuan sosial) pemerintah kepada pasien. Ada kontrol dan balancing (keseimbangan) antara pasien dan petugas,” terangnya.

Sementara Ketua RW 06 Kelurahan Sunter Jaya Budi Wibowo mengungkapkan, kedua aplikasi ini akan segera disosialisasikan kepada warga yang terpapar Covid-19. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat mengendalikan penyebaran Covid-19 di lingkungan terkecil.

“Aplikasi ini sangat membantu tugas dari kami (Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19) tingkat RW. Data lebih transparan dan diperbarui setiap hari. Mudah-mudahan Covid-19 ini dapat segera teratasi dengan baik dengan hadirnya kedua aplikasi ini,” tutupnya.

Reporter: Ahmad FG