Pandemi Covid-19, PKK Tugu Selatan Kembangkan Budikdamber

Jakarta-Utara, WBN – Pemberdayaan Keluarga Sejahtera (PKK) Kelurahan Tugu Selatan kembangkan budi dayakan ikan lele dalam ember (Budikdamber). Dari kegiatan ini diharapkan akan memiliki nilai ekonomi yang bisa meringankan masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Lurah Tugu Selatan Sukarmin mengatakan jika pihaknya selalu mensupport program PKK Kelurahan Tugu Selatan dalam mengembangkan kreativitasnya dalam memanfaatkan sedikit lahan kosong yang dimiliki.
“Kegiatan mereka dimasa pandemi Covid-19 ini juga di support oleh PKK tingkat kota, dimana PKK Tugu Selatan menyarankan untuk melakukan budi daya ikan dalam ember,” katanya Senin (13/7).

Sebagai bentuk dukungannya, Sukarmin sudah meminta bantuan dari CSR PT. Pertamina untuk menyediakan tong-tong kosong sebagai tempat pengembangan lele.
“Kemarin kita juga menerima bibit ikan lele sebanyak sepuluh kantong dimana masing-masingnya berisikan lima puluh ekor,” tambahnya.

Dengan Budikdamber ini, Sukarmin berharap pengembangannya nanti dapat memiliki nilai ekonomi sehingga bisa diteruskan atau dikembangkan ke masyarakat.
“Bukan hanya PKK saja, tapi warga Tugu Selatan juga. Harapannya ini bisa berjalan lancar. Rencananya hasil panenan lele itu nantinya akan dijual ataupun dijadikan berbagai makanan olahan seperti abon lele ataupun keripik lele, ” terangnya.

Sementara Wakil Ketua III PKK Kelurahan Tugu Selatan Helmina mengatakan jika inisiatif tersebut untuk menambah ketahanan pangan masyarakat.
“Inisiatif awal dari Budikdamber ini untuk menambah ketahanan pangan dan warung hidup di Pokja 3. Tapi besar harapannya kami juga mendapatkan bimbingan, pelatihan sekaligus pendampingan agar apa yang sudah kami lakukan dapat memberikan nilai ekonomi buat masyarakat,” katanya.

Reporter Ahmad FG