Warga Jakarta Utara Terima Donasi E-Voucher Bahan Pangan

Jakarta-Utara, WBN – Ribuan warga Jakarta- Utara menerima donasi bahan pangan berupa voucher digital (e-voucher) duithape donasi diberikan sebagai bentuk kepedulian terhadap warga terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Direktur Utama duithape Sara Dhewanto mengatakan, donasi diberikan kepada warga terdampak ekonomi akibat Covid-19 dalam bentuk e-voucher melalui aplikasi duithape. Donasi dapat dibelanjakan dengan beragam bahan pangan mulai dari telur, ikan, daging sapi, daging ayam, sayu, hingga buah di mitra agen yang telah ditunjuk.

“Kami sebagai perusahaan di bidang jasa keuangan dan teknologi memfasilitasi penyaluran donasi yang diberikan kepada penerima manfaat. Kami bekerjasama dengan Wahana Visi Indonesia dan MasterCard,” kata Sara, saat ditemui di Toko Mus RW 007 Kelurahan Penjaringan, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (17/7).

Untuk dapat berbelanja, dijelaskannya penerima manfaat hanya dapat mendatangi mitra agen sesuai keinginannya. Verifikasi akun dilakukan oleh pemilik mitra agen dengan melakukan skrining wajah. Jika data diri sesuai dalam aplikasi, maka penerima manfaat dapat berbelanja senilai saldo yang dimilikinya.

“Nanti akun penerima manfaat diverifikasi melalui skrining wajah. Kalau hasilnya sesuai maka saldo bisa dibelanjakan bahan pangan sesuai kebutuhan,” jelasnya.

Koordinator Perlindungan Anak Jakarta Wahana Visi Indonesia, Evelina Simanjuntak menerangkan, sebanyak 2.545 Kepala Keluarga terdaftar sebagai penerima manfaat bantuan di tiga kelurahan di Jakarta Utara, seperti Kelurahan Penjaringan, Kelurahan Kamal Muara , dan Kelurahan Pademangan Barat. Sebelumnya, tim telah melakukan survei dan verifikasi penerima manfaat dengan kriteria terdampak ekonomi akibat pandemic Covid-19 dan memiliki dua hingga tiga anak per keluarga.

Penyaluran donasi Coorporate Social Respondsbility (CSR) MasterCard melalui aplikasi duithape dilaksanakan dalam dua tahap dengan total bantuan senilai Rp 613.800,-. Tahap pertama, penerima manfaat diberikan bantuan senilai Rp 300 ribu sedangkan tahap kedua senilai Rp 313.800,-.

“Pemilihan penerima manfaat berdasar kondisi ekonomi keluarga binaan kami di sejumlah wilayah di DKI- Jakarta. Selama kami konsen bidang memperjuangkan hak anak, khususnya di wilayah permukiman kurang mampu,” terangnya.

Penerima manfaat warga RT 06/07 Kelurahan Penjaringan, Sarah mengaku sangat terbantu donasi yang diberikan dalam bentuk e-voucher tersebut. Ibu dua anak ini menukar e-vouchernya untuk membeli ayam, daging dan berbagai jenis sayur mayur yang disediakan mitra agen.

“Alhamdulillah, sekeluarga ada empat orang bisa untuk makan seminggu. Mudah-mudahan ngga hanya sekali dan bisa berlanjut,” tutupnya.

Reporter (Ahmad FG)