Rektor Lantik Pejabat Baru Lingkup UIN Alauddin

Makassar-Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis melantik sejumlah pejabat lingkup UIN Alauddin Makassar, berlangsung di Gedung Rektorat UIN Alauddin Makassar, Jumat (4/9).

Mereka yang dilantik yaitu Dr Murtiadi Awaluddin SE sebagai Ketua Satuan Pengawas Internal (SPI), Sumarlin S.E., M.Ak. sebagai Sekertaris SPI UIN Alauddin Makassar.

Asniati S.E., M.M. yang sebelumnya menduduki jabatan sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M). Sekarang menduduki jabatan sebagai Kepala Bagian Kerjasama pada Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama.

Adapun Muniar S.H. yang sebelumnya menduduki jabatan sebagai Pengembang Potensi Mahasiswa pada Sub Bagian Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK). Kini menduduki jabatan baru sebagai Kepala Sub Bagian Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni pada Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

Sementara Maryam Asri, S.Ag. yang sebelumnya menjabat sebagai Pengelola Administrasi dan Dokumentasi pada Sub Bagian Administrasi Umum Fakultas Adab dan Humaniora. Sekarang menduduki jabatan baru sebagai Kepala Sub Bagian Administrasi Umum dan Keuangan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Terakhir Nasirah Asri S.Ikom yang menduduki jabatan lama sebagai Pengelola Layanan Akademik pada satuan Pengawas Internal (SPI). Sekarang menduduki jabatan baru sebagai Kepala Sub Bagian TU pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Alauddin.

Dalam sambutannya Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis menyampaikan pesan-pesan kepada seluruh pejabat baru yang dilantik.

Pesan pertama ditujukan pada pejabat baru SPI, agar lembaga ini betul betul menggunakan fungsinya sebagai pengawas.

“Hal menarik dari SPI, karena lembaga ini ibarat Jaksa Agung di Universitas, sehingga harus memberikan pengawasan yang ketat agar UIN Alauddin tetap on the track, dengan begitu clean and good governance dalam lingkup universitas” Papar Guru Besar Sosiologi UIN Alauddin tersebut.

Prof Hamdan melanjutkan bahwa kehadiran SPI di UIN Alauddin Patut diapresiasi karena menjadi pelopor lahirnya SPI di sejumlah perguruan tinggi lain dibawah naungan PTKIN.

Tidak hanya itu, Prof Hamdan juga berharap agar SPI dapat membantu melancarkan kinerja unit-unit lain dalam lingkup UIN Alauddin, seperti penganggaran, perencanaan, penyerapan anggaran dan tepat sasaran dari anggaran tersebut.

“Saya harapkan untuk merancangnya dari sekarang, demi memastikan pelaporan keuangan kita mencapai predikat sangat memuaskan di akhir tahun mendatang” imbuhnya.

Sementara itu, kepada Kepala Bagian Kerjasama UIN Alauddin, Prof Hamdan menginstruksikan agar merancang desain kerjasama dalam kondisi pandemi covid 19 seperti saat ini.

Apalagi menurutnya, kerjasama selama ini selalu identik dalam bentuk pertemuan langsung, sementara kondisi saat ini sulit dilakukan sehingga perlu membuat desain kerjasama dalam bentuk komunikasi virtual.

Kepada Kepala Bagian Kerjasama, Prof Hamdan meminta agar memperkuat kerjasama di tingkat Asean untuk mencapai target akreditasi jurusan bersekala Asean.

“Saya harapkan agar kerjasama dalam tingkat Asean ditingkatkan, paling tidak di periode ini bisa lahir satu jurusan yang terakreditasi di tingkat Asean” tuturnya.

Terakhir untuk Kasubag Tata Usaha LP2M, Prof Hamdan berpesan agar terlebih dahulu membangun komunikasi kepada pejabat sebelumnya, dengan harapan dapat mempertahankan capaian yang telah diraih.

“Capaian positif tentu perlu dilanjutkan, sementara yang belum maksimal harus ditingkatkan” tutupnya.

Reporter: Herianto