Ketua DPR RI Tekankan Perlunya Negara Anggota ASEAN Jaga dan Memelihara Stabilitas dan Perdamaian di Kawasan

Jakarta,WBN-Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan sambutan dalam kapasitasnya sebagai Pimpinan Delegasi DPR RI pada Sidang Umum Organisasi Parlemen Negara-Negara ASEAN (AIPA) yang ke-41 dari Gedung Nusantara III DPR RI, Selasa, 8 September 2020.

Pada Sidang Umum ke-41 yang dilaksanakan secara daring dengan Vietnam sebagai tuan rumah tersebut, Ketua DPR RI menekankan perlunya negara-negara anggota ASEAN menjaga dan memelihara stabilitas dan perdamaian di kawasan. Hal ini penting terutama pada masa pendemi untuk mendorong kerjasama yang lebih baik dalam pengendalian penyebaran Covid-19 dan dampak sosial ekonominya.

Oleh karena itu, Ketua DPR RI menyerukan perlunya semua pihak berkepentingan dalam isu Laut Tiongkok Selatan untuk menahan diri, tidak menciptakan ketegangan baru dan lebih mengedepankan pendekatan damai berdasarkan UNCLOS 1982 dalam penyelesaian masalah zona maritim. Lebih jauh, dijelaskan juga mengenai perlunya mengutamakan Codes of Conduct antara ASEAN dengan Tiongkok sebagai sebuah kerangka dialog bersama terkait isu Laut Tiongkok Selatan.

Dalam sambutannya ditekankan juga bahwa agar ASEAN dapat berkembang maju menjadi lebih Cohesive dan Responsive, maka diperlukan kesigapan dalam menjawab berbagai tantangan regional. Seperti perlunya kerjasama untuk menangani isu human trafficking dan people smuggling sebagai ekses daripada situasi di Rakhine, Terutama di masa pandemi ini.

Nn