Rutin Ziarah Kubur Sisi Religi Sang Ketua KPK Firli Bahuri

Jakarta, WBN -Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) H. Firli Bahuri merupakan sosok anak yang berbakti kepada orang tua. Hal itu pun bukan isapan jempol semata, sebab mantan Kabaharkam Polri ini terpantau sering berziarah ke makam ibundanya yakni (Almh) Hj. Sulastri, Minggu (20/9).

“Ya, benar ini salah satu weekend religious activity,” ujar Firli menjawab pertanyaan wartawan, Minggu (20/9).

Lanjutnya, dengan berziarah ke makam orang tua juga mengajarkan bagaimana kita bijak dalam menjalani kehidupan, serta menyiapkan kehidupan akhirat.

“Orang cerdas adalah orang yang menyiapkan hidup dan kehidupan di dunia, sekaligus iapun menyiapkan hidup dan kehidupan akhirat,” terangnya.

Firli lantas teringat sebelum ibunda tercintanya wafat. Salah satunya momen ketika dia menyanyikan lagu bersama sang putera, Arfi, lagu berjudul ‘Andaikan Kau Datang’ yang dipopulerkan oleh Koes Ploes.

“Banyak ungkapan yang bisa kita ambil makna yang begitu dalam, apakah dari ungkapan kata, puisi, lagu dan tulisan. Lagu-lagu yang sangat mengingatkan saya tentang hidup dan kehidupan alam kubur diantaranya lagu berjudul ‘Andaikan kau datang’ dari Koes Plus. Lagu ini pula yang saya nyanyikan tanggal 8 April 2020 dengan iringan gitar putra saya Arfi, sehari sebelum ibunda saya wafat,” ungkap Firli.

Suami dari Ardina Safitri ini pun berpesan, semua atas kuasa dan kehendak Allah SWT. Karena sesungguhnya disitulah letak keikhlasan.

“Teruslah menebar kebaikan dan jangan pernah sulit memberi bantuan dalam hal kebaikan. Seketika kita bisa membantu, maka bantulah. Jangan pernah berharap balasan kebaikan, jikalau kita mendapat balasan kebaikan maka itu adalah suatu barokah dan keberkahan. Tetaplah menebar kebaikan, walaupun kita tidak akan pernah disebut sebagai orang baik. Semua kita serahkan kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya.

Reporter (Ahmad FG)