Kapolda Kalbar: Peran Media Berpengaruh Besar Dalam Menciptakan Pilkada Yang Aman

 

WBN, Pontianak, Kalimantan Barat – Dalam menghadapi kesiapan Pilkada serentak di 2020, Polda Kalimantan Barat kembali menggelar acara silaturahmi kamtibmas, kali ini silaturahmi mengundang insan pers atau jurnalis yang ada di Kalimantan Barat. Dihadiri langsung oleh Gubernur Kalbar Sutarmidji, Kapolda Irjen Pol Dr. Sigid Tri Hardjanto dan Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad bertempat di aula Graha Khatulistiawa Polda Kalbar. Sabtu (26/9)

Mengusung tema peran media dalam rangka mendukung Pilkada 2020 yang aman, bermartabat dan sehat, kegiatan ini merupakan pertemuan ke empat yang diadakan Polda Kalbar dalam menghadapi kesiapan Pilkada.

Dalam acara ini juga dideklarasikan pembacaan komitmen bersama insan pers untuk mewujudkan Pilkada yang aman, bermartabat dan sehat.

Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto mengatakan, dalam demokrasi terdiri dari 4 pilar, dimana media turut memegang peranan sebagai pilar ke 4.

“Sengaja kita undang teman teman media, sebagai wujud apresiasi atas peran pers atau media pemberitaan dalam turut menjaga situasi kemanan dan ketertiban di Kalbar” kata Kapolda

Ia melanjutkan, terkait Pilkada serentak di 7 wilayah di Kalbar pada tahun 2020 memiliki harapan besar agar terlaksana dengan aman, bermartabat dan sehat.

“Peran insan pers atau jurnalis sebagai pemberi informasi kepada masyarakat merupakan peranan penting dalam mendukung Pilkada 2020. Gunakan kemampuan dan energi yang dimiliki teman media untuk menjaga kualitas demokrasi dan menyejukkan situasi pilkada” tambahnya

Menutup sambutannya, Kapolda Kalbar juga mengajak seluruh hadirin agar tidak pernah bosan dan berhenti untuk mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Selain itu, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji juga mengatakan kepada insan pers untuk memikirkan dampak dari berita atau informasi yang dimuat.

Terkait pelaksanaan Pilkada di tahun ini, Gubernur mengajak agar para media dalam membuat berita yang menyejukan masyarakat. Ia menegaskan, sejuk bukan berarti menghilangkan sisi kritis dalam pemberitaan.

“Dalam perhelatan Pilkada, para tokoh masyarakat, agama memberikan pencerahan. Insan pers juga penting. Saya berharap berita berita yang sejuk. Sejuk bukan berarti tidak kritis” sebut Midji

Terkait pencegahan wabah Covid-19 ia juga menyarankan para wartawan atau jurnlis melakukan tes swab secara rutin mengingatkan pelaksanaan tugas jurnalistik banyak bersentuhan dengan masyarakat.

Ditempat yang sama, Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan optimis Pilkada di Kalbar akan berjalan damai karena seluruh pihak kompak dan terbukti pelaksaan Pilkada beberapa waktu lalu Kalbar dapat mewujudkan kondusifitasnya.

“Semoga dengan silahturami ini, kita semakin kompak dalam menjaga Kalimantan Barat. Mendukung kebijakan pemerintah dalam menerapat protokol kesehatan dan menciptakan Pilkada yang aman di Kalimantan Barat” katanya

Silahturahmi kamtibmas bersama insan pers yang diadakan Polda Kalbar ini juga mengadakan sesi diskusi bersama dengan narasumber Ketua KPU Provinsi Kalbar Ramdhan, Ketua Bawaslu Ruhermansyah, Kabid Humas Kombes Pol Donny Charles Go dan professional jurnalis Edo Sinaga.(bs/hy/jk)

Publikasi NN | redpel ndra