Dinas Pertamanan Dan Hutan Kota Jakut Akan Persiapan Makam Khusus COVID-19, Dalam 100 Hari

Jakarta-Utara, WBN -Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Utara mempersiapkan lokasi pemakaman jenazah khusus COVID-19 di TPU Rorotan, Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Rencananya proses pembuatan makam pada lahan seluas 2 hektar ini akan selesai 100 hari ke depan.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Utara Putut Widya Martata mengatakan pembuatan pemakaman ini dilakukan untuk menambahkan daya tampung jenazah khusus COVID-19.
“Daya tampung makam khusus COVID-19 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta semakin penuh. Untuk itu kami mencoba membuat lokasi baru untuk mengantisipasi kekurangan tersebut,” katanya Jumat (25/9).

Putut menerangkan Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Utara sedang melakukan pengurukan lahan sebesar 2 hektar untuk memberi lokasi tambahan khusus jenazah COVID-19.
“Luas total lahan 26 hektar. Kami sedang melakukan pengurukan seluas 2 hektar, dan ini adalah pembuatan makam tahap pertama. Dari luasan tersebut diperkirakan dapat menampung 5000 petak makam,” tambahnya.

Untuk pembangunan makam tersebut, Putut mengatakan waktu untuk melakukan pengurukan diperkirakan selesai tiga bulan kedepan.
“Kita kerjakan sejak pertengahan September 2020 kemarin. Menurut perkiraan kami, proses pengurukan sekaligus merayakan lahan dengan tinggi 1,5 sampai dengan 2 meter ini akan memakan waktu sekitar 100 hari,” tuturnya.

Reporter (Ahmad FG)