Anggota DPRD Borong Batik Samara, Ini Cerita Ibu Kokom di Jogja PPUN Expo 2020

WBN, Kabupaten Bekasi – Ditengah hiruk pikuknya perekonomian yang kian tak menentu dimasa New normal  pandemi Covid-19,  Akan tetapi lain halnya dengan Work shop UMKM Batik samara Setia Asih Tarumajaya malah di banjiri pesanan dari berbagai konsumen.

” Saat ini Kami terus berinovasi merebut pangsa pasar baik di tingkat lokal maupun tingkat nasional, Dengan cara mengikuti berbagai kegiatan Pameran dan pemasaran produk Batik Samara melalui Jejaring Media sosial maupun person to person,  Agar para tenaga kerja di workshop Batik Samara Setia Asih, terus dapat bekerja dan berinovasi untuk membantu Ekonomi keluarga, terlebih dimasa Pandemi Covid-19,” Kata Bunda Komariah Pengelola UMKM  batik Samara Setia Asih, usai mengikuti PPUN Expo 2020 YOGYAKARTA( 24-27 September 2020 lalu), Selasa (28/9).

Kepada Media Ibu Kokom menyampaikan kisah perjalan sebagai pengelola UMKM Batik Samara,  Sejak awal berdiri dari tahun 2015 Batik SAMARA Setia Asih sudah di beri kepercayaan dari dinas-dinas untuk di ikut sertakan dalam acara pameran batik, mewakili kabupaten Bekasi.

” Yah, Ikut  pameran di tokyo Jepang,  di Batam, Bangka belitung, Manado, Padang bukit tinggi dan di  Bandung sudah 3 kali di JCC, terakhir kemarin 2020 di Jogja,” Jelasnya.

Lanjutnya, Saya selaku penglola batik samara merasa bangga di beri kesempatan untuk membantu promosikan, mengenalkan batik bekasi ke manca negara.

” Tujuannya agar Negara dan wilayah lain  tahu bahwa Kabupaten bekasi punya Batik,” tandasnya.

Harapan yang selama ini kami nanti, Kata pengelola batik Samara, Kami mengajak kepada masyarakat dan para pejabat di lingkungan Pemkab Bekasi, Mari sama-sama, kita promosikan prodak unggulan kita dan cintailah prodak sendiri dengan memakai produk batik bekasi, Hal itu sebagai bentuk membantu promosikan prodak batik sendiri.

” Yah, Orang bekasi Membeli/ memakai batik bekasi itu sebagai bentuk promosi, Ikut membantu dalam pemasaran pruduk,” tambahnya.

 

Masih kata Ibu Kokom, Kami berharap kepada seluruh pejabat pemda kabupaten Bekasi, Agar membantu pengembangan kreatif terbarukan dengan memakai batik produk asli bekasi, hasil UMKM dan PKK Desa Setia Asih yang memiliki motif bekasi kekinian, Masyarakat Bekasi harus sudah mulai mencintai produk batik lokal,  Bukan lagi menggunakan batik printing yang ada di pasar tanah abang dan lainnya.

“Kami bangga, dan memberikan apresiasi kepada Pa Sunandar dan Pa Nyumarno Anggota DPRD Kab.Bekasi (di stand Samara-red), beliau sempat singgah dan memborong Batik Samara dalam acara pameran di Jogja PPUN Expo 2020, Serta terimakasih atas kunjungan Ketua IWO kab.Bekasi dan rombongan di Stand Batik Samara Jogjakarta,” imbuhnya.

” Sebagai pengelola Batik Samara, Kami bangga kepada Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Nyumarno dari F-PDIP, Beliau sempat mmborong batik Samara, Sebagai bentuk kepedulian membantu mempromosikan Batik Bekasi,” pungkas Ibu Kokom.

Sementara itu, Mpo Saribah Anggota PKK Setia Asih menyambut positif langkah pengelola Batik Samara (Bunda Kokom-red) yang telah banyak mengikuti banyak kegiatan pameran baik di Jogja maupun di wilayah lainnya serta memberikan pelatihan kepada Ibu -ibu PKK sebagai bentuk pemberdayaan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, Saat ini produksi batik Samara terus meningkat, lantaran banyak pesanan dari berbagai masyarakat luas, Smoga batik Samara akan terus semakin menambah perekonomian pelaku UMKM Setia Asih,” Ucap Mpo Saribah.(*) Lukman | redpel ndra