Ini Harapan Ketua Dewan Adat Sekaligus Plt Kerajaan Tallo Terhadap Calon Wali Kota Makassar

Makassar,WBN- KPU telah Penetapan calon Walikota Makassar dengan menetapkan 4 calon walikota yang bertarung dalam pilwali Makassar Tahun ini.

Dalam setiap calon, ketua Lembaga Adat Passereanta Firman Sombali Kerajaan Islam Kembar Gowa Tallo atau biasa disingkat LAPFS sekaligus ketua dewan adat dan juga Plt Raja Tallo, Andi Iskandar Esa berharap setiap calon ada visi misi atau program kerja dalam menghidupkan budaya di Makassar.

Menurut Andi Iskandar Esa Dg Pasore, Calon wali kota Makassar yang nantinya terpilih bisa juga menghidupkan aura budaya leluhur atau para pejuang terdahulu dalam hal ini kerajaan, seperti Kerajaan Tallo yang berada dalam lingkup Kota Makassar.

“Saya berharap nantinya siapa yang terpilih sebagai Walikota Makassar bisa bersinergi dengan Kerajaan Tallo, karena saya menilai Kerajaan Tallo harus kembali dengan kejayaanya seperti masa lalu, agar kebudayaan kita tidak termakan oleh zaman dan waktu. Kalau bukan kita yang menjaga, memelihara, serta melestarikan budaya kerajaan Tallo, pasti akan tertinggal dengan kerajaan Lainnya, padahal Kerajaan Tallo sangat bersejarah pada Masa Lalu”,jelasnya.

Ketua dewan adat sekaligus Plt Raja Tallo juga berharap agar pemerintah, dan aparat bisa turut bersinergi dengan Kerajaan Tallo agar anak cucu juga mengetahui sejarah sejarah tentang Kerajaan Tallo.

“Perlu sinergitas Pemerintah dan Aparat dalam hal pelestarian dan menjaga adat istiadat budaya di Makassar seperti Kerajaan Tallo, dan juga selama ini banyak yang mengatasnamakan keturunan Kerajaan Tallo dan juga pengurus Kerajaan Tallo, namun mereka tak pernah memikirkan dan membesarkan serta memelihara dan menjaga Kerajaan Tallo sendiri, seperti tak adanya Rumah adat Kerajaan Tallo dan sebagainya. Insya Allah saya dan para turunan serta Pengurus dewan adat kerajaan Tallo akan mengembalikan kejayaan itu sendiri”,kunci Andi Iskandar Esa Dg Pasore, kepada Awak media pada Rabu,(07/10/2020).

Ditempat terpisah Tim Kuasa Hukum Kerajaan Tallo, Rahmat. S.H, juga menambahkan,”4 calon kandidat walikota Makassar ini adalah orang orang pilihan dan memiliki visi misi yang tentunya sesuai harapan Lembaga serta Masyarakat adat, dengan mensinergikan dan menghidupkan simbol simbol budaya dan situs sejarah kerajaan khususnya kerajaan Tallo yang dalam hal ini historisnya tercatat dalam sejarah dalam perjuangan melawan penjajah, sehingga Marwah dan simbol simbol kerajaan tallo harus mendapat perhatian yang serius oleh pemerintah”,jelas Tim Hukum Kerajaan Tallo.

Reporter Herman