Universita Samudra Kota Langsa Melakukan Program Bina Desa

 

WBN, Kota Langsa,aceh – Pemerintahan Mahasiswa (PEMA) Universitas Samudra (Unsam) laksanakan program ‘Bina Desa’ sebagai upaya kontribusi nyata mahasiswa untuk menggapdi terhadap masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 15 – 21Oktober 2020 di Desa Jering, Kecamatan Serbajadi lokop, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh dengan Thema: ‘Berkontribusi nyata untuk Masyarakat di Desa.

 

Presiden Mahasiswa UNSAM, Fendi kepada wartawan melalui rilisnya saptu (24/10/2020). Mengatakan bahwa kegiatan Bina desa ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat secara nyata dan penerapan Tridarma Perguruan tinggi yakni sebagai pengabdi.

 

“Ini merupakan bentuk kontribusi nyata untuk masyarakat di desa. Dengan adanya kegiatan seperti ini, semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat dengan adanya ide, gagasan serta inovasi-inovasi dari rekan-rekan mahasiswa,” ujarnya.

 

Fendi berharap, semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya oleh pengurus PEMA selanjutnya, karna kegiatan ini sangat membantu negeri ini, baik dalam pembangunan SDM nya yang kita mulai dari desa-desa,” imbuhnya.

 

Sebelumnya, tambah Ketua Panitia Bina Desa, Riki Syahputra, bahwa selama tujuh hari mengabdi di Desa Jering, tim bina desa PEMA Unsam periode 2019-2020 telah melaksanakan banyak program.

 

Adapun program yang telah dilaksanakan diantara nya pembangunan rumah pangan lestari, pelatihan budidaya dalam ember, pembuatan kincir air sebagai energi terbarukan, serta dua program sosialisasi edukasi tentang sadar hukum dan pendidikan,” terang Riki.

 

Menurutnya, jargon mahasiswa sebagai agent of change mempunyai tanggung jawab untuk mengimplementasikan ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan kepada masyarakat.

Agar terjadi transfer ilmu antara mahasiswa kepada masyarakat di desa, demi terpenuhinya sila ke-5 dari pancasila, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” pungkasnya.

 

Adapun pada kegiatan tersebut, diikuti oleh para pengurus PEMA UNSAM dan sejumlah mahasiswa lainnya yang lulus seleksi dalam pendaftaran peserta Bina Desa yang dibuat beberapa waktu yang lalu tandasnya.(zainal) | redpel ndra