Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Aceh Tamiang

Aceh Tamiang – Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang setiap tahunnya jatuh pada tanggal 28 Oktober, kali ini tampak berbeda dari sebelumnya sebab Upacara dilaksanakan ditengah pandemi Covid- 19.

pelaksanaan upacara pun dilakukan secara sederhana, walau dalam kondisi terbatas tidak menyurutkan semangat dan antusias para peserta untuk melaksanakan upacara dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan.

Adapun pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda tersebut bertempat di Halaman Kantor Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tamiang pada Rabu (28/10/20), Sekira pukul 08.30 Wib.

Peringatan Sumpah Pemuda ke -92 Tahun ini mengusung tema “Bersatu dan Bangkit”, dengan langkah tegak dan gagah, Kapolres Aceh Tamiang AKBP Ari Lasta Irawan, S.IK mengambil posisi strategisnya Menjadi pembina Upacara untuk menjalani khidmatnya pengibaran bendera merah putih sebagai rangkaian awal dalam upacara tersebut.

Seperti dalam upacara pada umumnya, pembacaan pancasila yang menjadi dasar landasan negara Republik Indonesia digemakan, dalam hal ini Kapolres dengan lantang menyerukan lima ideologi tersebut dan diikuti oleh para peserta upacara. Sementara pada pembacaan teks UUD 1945 dibacakan oleh Ketua Pengurus FKPPI.

Yang menjadi sangat berbeda dan istimewa, bahwa Peringatan Hari Sumpah Pemuda selalu disertakan dengan pembacaan Keputusan Kongres Sumpah Pemuda, dalam hal ini Ketua KNPI Aceh Tamiang sebagai komite pelopor gerakan para pemuda membacakan isi dari Sumpah Pemuda.

Upacara ini diikuti oleh beberapa perwakilan dari Pengurus KNPI, Pengurus FKPPI, Pengurus Pramuka Kabupaten Aceh Tamiang, Pengurus Karang Taruna Aceh Tamiang, dan segenap petinggi dan staf serta seluruh jajaran pada Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tamiang.
(zainal)