Peringati Hari Pahlawan Nasional, Apel Tabur Bunga Digelar di Dermaga JICT II Tanjung Priok Jakarta Utara

WBN, Jakarta-Utara – Berbeda dengan tahun sebelumnya, Apel Tabur Bunga dalam memperingati Hari Pahlawan Nasional kali ini hanya digelar di Dermaga Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (10/11).

Apel tidak digelar di tengah laut seperti tahun sebelumnya mengingat masih dalam masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

 

Staf Ahli Menteri Bidang Aksesibilitas Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia Sonny W Manalu mengatakan, Apel Tabur Bunga hanya digelar di dek Kapal Republik Indonesia (KRI) Semarang yang berlabuh di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

 

Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang digelar di tengah laut mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Kegiatan (Apel Tabur Bunga) ini merupakan tradisi kita selama bertahun-tahun dalam memperingati Hari Pahlawan Nasional. Karena dalam masa pandemi Covid-19, apel hanya digelar di dermaga dengan jumlah undangan terbatas dan menerapkan protokol kesehatan,” kata Sonny, saat ditemui di KRI Semarang, Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (10/11).

 

Dijelaskannya, Apel Tabur Bunga merupakan upaya mengenang jasa pahlawan yang gugur dalam pertempuran memperebutkan kemerdekaan Indonesia. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia Puan Maharani menjadi pembina dalam apel tersebut.

 

“Selain digelar di darat yakni di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, apel juga digelar di laut dengan simbolis pelaksanaan tabur bunga untuk mengenang para pahlawan-pahlawan kita yang telah gugur memperebutkan kemerdekaan di tengah laut,” tutupnya.

Diketahui, Apel Tabur Bunga ini juga dihadiri Kepala Badan Pendidikan, Penelitian, dan Penyuluhan Sosial (Badiklit Pensos) Syahabbudin, dan Staf Ahli Menteri Bidang Dinamika Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia Adhy Karyono.

Termasuk pejabat lainnya seperti Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut III (Danlantamal III) Brigjen TNI Hermanto dan Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Ali Maulana Hakim. Reporter (Ahmad FG)