Kodim 0104/Aceh Timur Laksanakan Garjas Periodik II Tahun 2020

 

WBN, Kota Langsa,aceh – Guna menjaga dan meningkatkan kemampuan fisik, prajurit dari Kodim 0104/Aceh Timur melaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) periodik II Tahun 2020, yang terdiri dari Garjas A dan B dan dilaksanakan selama tiga hari, dari hari Selasa-Kamis (10 s/d 12-11-2020), yang bertempat di Lapangan sepak bola Asrama Gajah-II, Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa, Rabu (11-11-2020).

“Dalam pelaksanaannya, Garjas periodik ini tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) melalui Pasipers Kapten Inf M.Kaoy kepada awak media dilapangan.

 

Pelaksanaan tes kesegaran jasmani kali ini berbeda dengan Garjas sebelumnya, karena adanya pandemi virus Covid-19.

 

“Untuk itu, pelaksanaannya dengan menerapkan protokol kesehatan, diantaranya anggota mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan, jaga jarak saat menunggu giliran dan mengenakan masker, ”ujarnya.

Tes kesegaran jasmani ini merupakan kewajiban bagi setiap prajurit. Dimana tes kesegaran jasmani ini juga merupakan program TNI yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit TNI.

 

Dia berharap, para peserta dapat melaksanakan tes kesamaptaan ini dengan maksimal dan mampu mencapai nilai yang diharapkan dan sesuai standar Prajurit Komando Kewilayahan.

“Sebelum melaksanakan tes, setiap personel harus diperiksa kesehatannya oleh Tim Kesehatan, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada saat pelaksanaan tes nantinya, serta didalam kegiatan selalu mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan setiap personel, ”imbuhnya.

 

Tes garjas A terdiri dari Lari 12 menit, sedangkan garjas B terdiri dari Full Up, Sit Up, Push Up, Lunges dan Shutle Run serta ditambah dengan tes ketangkasan renang dasar militer menggunakan gaya dada.

Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Jasdam IM Kapten Kav DT Febriansyah beserta tim, perwakilan Jasrem 011/LW Serma Mat Suyono beserta tim, Personel Kodim 0104/Atim dan Tim Kesehatan Polkes Langsa 0209 Kesdam IM.(zainal).