Ini Harapan Kerajaan Tallo Kepada Pemerintah Serta Kerajaan Lainnya

Makassar,WBN- Salah satu kerajaan yang ada di Indonesia khususnya Sulawesi Selatan ada beberapa kerajaan, seperti Kerajaan Tallo yang banyak memiliki nilai sejarah.

Kerajaan Tallo saat ini terus banyak dituai polemik, seperti banyak oknum yang mengaku turunan dan juga adanya permasalah lainnya oleh beberapa Oknum yang mencoba untuk menghalangi kembalinya kejayaan Kerajaan Tallo seperti yang diungkap Andi Iskandar Esa Dg Pasore.

Andi Iskandar Esa Dg Pasore yang saat ini menjadi ketua Lembaga Adat Passereanta Firman Sombali Kerajaan Islam Kembar Gowa Tallo, dan juga sebagai ketua Dewan Adat Kerajaan Tallo serta Plt Raja Tallo ungkap banyak permasalah yang terjadi saat ini.

Menurutnya, perjuangan yang dilakukan itu bukan untuk pribadinya, namun untuk mengembalikan kejayaan Kerajaan Tallo, yang dimana saat ini kerajaan Tallo sangat memprihatinkan. Seperti saat ini kerajaan Tallo belum juga memiliki Rumah Adat dan Istana Kerajaan.

“Insya Allah saya akan berjuang sampai titik darah penghabisan, demi kembalinya kejayaan kerajaan Tallo, yang mana saat ini banyak yang mengaku dari turunan Kerajaan Tallo, namun apa yang ia perbuat untuk kerajaan Tallo sendiri itu Nihil. Maka dari ini saya dan pengurus dewan adat lainnya akan terus berjuang untuk bangkitkan kembali Kejayaan Kerajaan Tallo”,jelas Andi Iskandar.

Lebih lanjut, Ketua dewan adat juga berharap adanya dukungan atau suport dari semua Kerajaan di Indonesia untuk bersama membantu Kerajaan Tallo, dan juga sangat dibutuhkan sinergitas antara Kerajaan bersama dengan Pemerintah.

“Saya sangat berharap dukungan dari kerajaan lainnya yang ada di Indonesia guna melestarikan dan membangun adat budaya khususnya Kerajaan Tallo, serta saya berharap agar pemerintah khususnya di Sulawesi Selatan dan Kota Makassar untuk mensuport dan mendukung kami demi menjaga adat budaya kita untuk anak cucu kita kedepan, agar semua bisa melihat sejarah perjuangan”,terang Ketua Dewan Adat Kerajaan Tallo kepada awak media pada Jum’at, (13/11/2020).

Selain itu YM Raja Samu Samu VI juga sempat memberikan pernyataan atas dukungannya untuk kerajaan Tallo agar bisa mengembalikan kejayaan kerajaannya.

Reporter Herman