Kodim 0104/Atim Gelar Kegiatan Peningkatan Kemampuan Apkowil TA. 2020

 

WBN, Kota Langsa, Aceh – Guna meningkatkan Kemampuan para Babinsa, Kodim 0104/Aceh Timur menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kemampuan Apkowil, yang bertempat di Gedung Serbaguna Makodim, Gampong Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Selasa (17-11-2020).

Kegiatan tersebut di buka oleh Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) yang diwakili Koordinator Kegiatan Kapten Kav Khairul Nizam, dan dihadiri Para Danramil, Perwira Staf dan seluruh anggota Kodim 0104/Atim.

 

Terselenggaranya Katpuan Apkowil merupakan agenda dan Program Tahun Anggaran 2020, dengan mengusung tema “Melalui kegiatan peningkatan kemampuan Apkowil tersebar kita tingkatkan profesionalisme Apkowil dalam Implementasikan kegiatan pembinaan Teritorial pada tatanan kehidupan baru (New normal).

 

Melalui Koordinator Kegiatan Dandim mengatakan, tujuan dihelatnya kegiatan Peningkatan Kemampuan (Katpuan) Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) ini, untuk membekali dan meningkatkan pengetahuan Babinsa baik yang sudah lama bertugas maupun yang baru menjabat sebagai babinsa.

 

Kemampuan personal Apkowil dalam Pembinaan Teritorial (Binter) diharapkan dapat diperoleh kesamaan pola pikir dan kemampuan dalam mendeteksi, mengambil tindakan setiap perubahan dan perkembangan dinamika di wilayah binaan masing masing guna mewujudkan kekuatan wilayah pertahanan aspek darat yang tangguh, “ungkapnya kepada awak media.

Lanjutnya, agar sasaran tersebut dapat tercapai lebih optimal, maka perlu adanya kegiatan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Sosial bagi Aparat Komando Kewilayahan. Sementara metode pembelajaran yang dilaksanakan dengan ceramah, diskusi, tanya jawab dan praktek.

 

Kegiatan Peningkatan Kemampuan Apkowil tersebar ini dengan materi yang diberikan kepada para anggota antara lain :

 

1) Lima Kemampuan Teritorial

2) Sikap Teritorial

3) Metode Binter

4) Sisrendal Binter

5) Ketatalaksanaan Binter

6) Medsos dan Hoax

7) Pengetahuan Covid-19

8) Kesehatan Masyarakat

9) Netralitas TNI

10) Komunikasi Massa

 

Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai hari ini tanggal 16 hingga 20 November 2020 mendatang, “pungkas Perwira yang menjabat sebagai Pasiter itu.(zainal).