Gali Potensi ZIS, Pemkot Jakut Dukung Program Baznas Bazis DKI Jakarta

WBN, Jakarta Utara – Bazis Provinsi DKI Jakarta akan meningkatkan kolaborasi dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara dalam proses pengumpulan dan pendayagunaan hasil zakat, infaq dan sodaqoh (ZIS) serta amal sosial di wilayah Jakarta Utara. Hal itu sejalan dengan Seruan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 15 Tahun 2020 tentang gerakan ZIS, amal sosial dan Corporate Sosial Responsibility (CSR).

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara telah mengeluarkan Surat Edaran Wali Kota Nomor 22 Tahun 2020 sebagai bentuk dukungan terhadap berbagai program yang akan dijalankan oleh Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Utara dalam mewujudkan keadilan sosial dan pemerataan ekonomi di wilayah Jakarta Utara.

“Pendayagunaan hasil ZIS dan amal sosial nantinya untuk kepentingan masyarakat se-Jakarta Utara baik di bidang fisik, sosial ekonomi dan segala kebutuhan yang tidak tercover APBD ataupun kegiatan kolaborasi masyarakat secara umum yang tidak saling tumpang tindih,” jelas Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim saat memimpin rapat optimalisasi pengumpulan ZIS Tahun 2020 dan sosialisasi Seruan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 15 Tahun 2020 di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Rabu (2/12).

Ia juga menghimbau kepada seluruh pejabat, masyarakat dan pengusaha untuk mendukung Seruan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 15 Tahun 2020. “Kolaborasi dari semua unsur sangat diharapkan karena pendayagunaan hasil ZIS dan amal sosial akan dikembalikan lagi ke masyarakat yang benar-benar membutuhkan sehingga tepat sasaran,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Baznas Bazis Wilayah Jakarta Utara, Wisnu Cakraningrat mengatakan, hasil pengumpulan ZIS dan amal sosial sejak Januari hingga November 2020 sudah mencapai Rp 6,6 Milyar. “Insya Allah, kita akan berusaha meningkatkan pengumpulan ZIS dan amal sosial melalui sinergi dengan semua pihak termasuk masyarakat dan perusahaan sehingga bisa mensejahterakan masyarakat lebih dari yang sekarang,” tuturnya. Reporter (Ahmad FG)