Banjir di Kab. Aceh Timur, Terendam 8 kecamatan Personel Dandim 0104 Atim

 

WBN, Aceh Timur – Seluruh Personel Koramil jajaran Kodim 0104/Aceh Timur disiagakan Dandim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S Sos, M.Tr (Han) diwilayahnya (lokasi bencana) masing-masing berada, guna membantu mengevakuasi korban banjir yang melanda Kabupaten Aceh Timur, Jum’at malam saptu (04-12-2020).

 

Saat dikonfirmasi awak media melalui via telepon, Dandim 0104/Atim mengatakan, telah kami TNI memiliki prosedur tetap (Protap) sebagai langkah antisipatif tanggap bencana. “Siaga petugas ini dalam arti sebelum dan setelah terjadi kebencanaan. Pencegahan terus dimasifkan, seperti kejadian banjir yang melanda di wilayah Kabupaten Aceh Timur ini, kami siap melakukan penyelamatan maupun evakuasi, ”katanya.

Curah hujan yang tinggi sejak Kamis malam hingga Jum’at malam yang mengguyur wilayah Aceh Timur membuat jajaran Kodim 0104/Atim melaksanakan siaga bencana dan mengerahkan personel Babinsa di Koramil jajaran untuk terjun langsung ke wilayahnya (lokasi) masing-masing serta memberikan bantuan baik evakuasi warga, “jelasnya.

 

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 14/Rtp Koptu Agung Suherlan dan Serka Eka Syahputra yang mengevakuasi bayi berumur 4 hari dan ibunya Salma (38) yang terjebak banjir dirumahnya, di Gampong Alue Bate, Kecamatan Rantau Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, sore tadi.

 

Dandim menegaskan, sampai saat ini tidak ada korban jiwa, kerugian materiil masih belum bisa ditaksir. Ada beberapa wilayah yang menjadi atensi pada bencana banjir ini yaitu di Wilayah Kecamatan Ranto Peureulak, Peureulak, Birem Bayeun, Sungai Raya, Peureulak Barat, Indra Makmu, Peureulak Timur, Julok, Peudawa, Darul Aman, Idi Tunong dan Banda Alam.

Kodim 0104/Atim bersama Pemerintah Daerah, Kepolisian, BPBD serta masyarakat saling bahu membahu untuk mengevakuasi warga yang terdampak akibat banjir, dan akan melakukan gotong royong pembersihan dan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak dari Bencana ini setelah banjir surut, “tandasnya.

 

Perlu diketahui bersama bahwa hingga berita ini diturunkan, personel Kodim 0104/Atim, Polres Aceh Timur, dan BPBD masih berada di lokasi banjir, guna menyisir korban untuk dievakuasi di tenda pengungsian yang sudah disiapkan oleh Pemerintah Daerah.(zainal).