Banjir Meluap, di kabupaten Aceh Timur enan Kecamatan terendam Dievakuasi

WBN, Aceh Timur – Diperkirakan sekira 80 Kepala keluarga (KK) di Desa Punti Payong, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur (Atim) terendam banjir dan perlu dilakukan penyelamatan dan evakuasi. Jum’at (04/12).

 

Kepala Basarnas Aceh, Budiono S.E., M.M. melalui Koordinator Pos SAR Langsa, Aulia Rahman mengatakan pihaknya sekira pukul 15.30 WIB sudah berangkat menuju lokasi untuk melakukan evakuasi dan penyelamatan.

 

“Terdapat sekira 80 KK yang butuh di evakuasi di Desa Punti Payong menurut laporan Ketua Satgas Atim, Musafir,” ujarnya.

 

Dijelaskan Aulia, banjir yang melanda daerah itu akibat hujan yang mengguyur Aceh timur dalam beberapa hari ini mengakibatkan tingginya debit air sungai sehingga meluap ke pemukiman.

Atas laporan tersebut, pihaknya menurunkan 1 unit rescue car, 1 rubber boat, perlengkapan alat keselamatan air, pakaian hazmat, APD dan alat komunikasi untuk turun ke lokasi.

 

Selain Satgas SAR, BPBD Atim, Polsek dan Koramil Ranto Peureulak beserta masyarakat juga ikut dalam operasi tersebut.

 

“Adapun tinggi air yang menggenangi sudah mencapai 0,5-1,20 meter, dimana terdapat beberapa warga yang membutuhkan evakuasi,” pungkasnya.(zainal)