FAKSI Minta Pemerintah kabupaten Aceh Timur Penuhi Kebutuhan Darurat Seluruh Pengungsi Korban Banjir
Aktivis Front Anti Kejahatan Sosial (FAKSI) Aceh. Ronny Hariyanto

WBN, Aceh Timur – Aktivis Front Anti Kejahatan Sosial (FAKSI) Aceh, Ronny Hariyanto, meminta Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, untuk segera memperhatikan dan memenuhi kebutuhan darurat seluruh warga Aceh Timur, yang terpaksa mengungsi akibat mengalami musibah banjir parah, setelah daerah tersebut diguyur hujan deras berkepanjangan beberapa waktu lalu.

 

” Kita berharap, pemerintah segera membantu kebutuhan mereka selama mengungsi, terutama kebutuhan anak – anak, seperti bahan makanan, selimut, obat – obatan dan kebutuhan lainnya, juga memperhatikan soal kesehatan, apalagi ini sedang pandemi,” kata Ronny, Minggu 6 Desember 2020.

 

Dia berharap bantuan tersebut dapat diterima oleh setiap pengungsi, bahkan setiap penduduk atau warga miskin di Aceh Timur, yang mungkin tidak dapat mencari nafkah, akibat terkepung banjir.

 

” Kita berharap semuanya bisa tertolong, tanpa diskriminasi, jangan sampai ada masyarakat yang dapat bantuan, ada yang tidak, dan pemerintah dirasa perlu memperhatikan kebutuhan warga miskin di desa – desa, yang mungkin tidak dapat mencari nafkah akibat banjir, misalkan juga di daerah terpencil atau terisolir, ini kan sama saja seperti kondisi darurat covid, mereka sama – sama nggak bisa cari nafkah,” ujar Aktivis HAM itu.

 

Putera Idi Rayeuk berdarah Aceh- Minang itu juga menghimbau dan berharap, agar kalangan dermawan atau para pengusaha Aceh Timur, turun tangan membantu meringankan beban pemerintah untuk menyalurkan bantuan bagi para pengungsi tersebut.

 

” Kita berharap kalangan dermawan, kaum pengusaha dan kalangan mampu lainnya, baik di dalam maupun di luar Aceh Timur, turut berpartisipasi memberi bantuan suka rela, bagi saudara kita yang mengungsi, setidaknya bagi tetangga mereka yang miskin dan terdampak musibah banjir ini,” pinta Ronny yang mengaku akan mengunjungi tempat – tempat pengungsian beberapa saat kedepan.

 

Eks Ketua Forum Pers Independen Indonesia (FPII) Provinsi Aceh itu juga meminta pemerintah membentuk desk informasi, agar masyarakat mengetahui perkembangan situasi dan kondisi terkini.

 

” Kita rasa perlu suatu posko atau desk informasi dari pemerintah, agar masyarakat tahu perkembangan, terutama saluran komunikasi bagi para pengungsi untuk mengkomunikasikan kebutuhannya,” ujar Ronny.

 

Dia juga memberi apresiasi kepada semua pihak, khususnya tim gabungan TNI -Polri dan unsur pemerintah Aceh Timur lainnya, yang telah bergerak cepat melakukan upaya penyelamatan warga yang mengalami musibah tersebut.

 

” Kita berterimakasih kepada semua pihak, utamanya Tim Rescue, yang sudah bersusah payah dan bergerak cepat menyelamatkan warga, dan kita dengar bang Rocky juga turut serta mengevakuasi korban yang meninggal dunia, kita berharap kedepannya tidak lagi terjadi hal – hal yang tak diinginkan, kita juga menghimbau masyarakat untuk tetap waspada, terutama menjaga anak – anak agar tidak beraktifitas di luar rumah ketika hujan deras dan banjir tiba, jangan pernah sepelekan banjir,” pungkas Alumni Universitas Ekasakti itu menutup keterangannya.(zainal)