Cegah Longsor Bantaran Kali, Warga RW 04 Tugu Selatan Kecamatan Koja Buat 20 Pot Besar

 

WBN, Jakarta Utara – Kelurahan Tugu Selatan Kecamatan Koja pasang pot besar di tepi Kali Cakung Lama, Kampung Batu Tumbuh RT 06 RW 04. Pembuatan pot sebanyak 20 buah tersebut bertujuan untuk mencegah longsor pada bantaran kali.

Lurah Tugu Selatan Sukarmin mengatakan pembuatan pot tersebut merupakan upaya dari warga RW 04 dalam mempercantik lingkungannya.
“Ini hasil kolaborasi banyak pihak. Setelah jalan dan kali diperbaiki oleh Sudin Bina Marga (BM) dan Sudin Sumber Daya Air (SDA), pengurus RW/RT, warga dan kelurahan dibantu PLN Persero berupaya menjaga hal yang sudah baik tersebut,” katanya, Selasa (15/12).

 

Dengan pembuatan pot sepanjang tepi Kali Cakung Lama, Sukarmin menambahkan warga mendapatkan lingkungan yang asri.
“Kita buat sebanyak 20 pot berbentuk persegi panjang yang nantinya dapat ditanami kembang oleh warga sekitar. Tujuannya selain menciptakan lingkungan yang asri juga mempercantik lingkungan RW 04,” ucapnya.

 

Selain cantik dan asri, Sukarmin menegaskan pembangunan pot juga bertujuan untuk mencegah tanah dibantaran kali amblas.
“Dengan keberadaan pot tersebut, ada pesan yang kami dan pengurus RW sampaikan ke masyarakat. Kami dan pengurus ingin warga tidak memarkirkan kendaraannya disepanjang bantaran kali, tujuannya mencegah terjadinya longsor atau jalan amblas,” tuturnya. Reporter (Ahmad FG)