Cek Kesiapsiagaan Bencana Hujan, Kasatpol PP DKI Jakarta Ingatkan Peran Tugas Kemanusiaan Personel

 

WBN, Jakarta Utara – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi DKI Jakarta Arifin memimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana Hujan bagi personel Satpol PP tingkat Kota Jakarta Utara, (17/12).

Apel yang digelar di Halaman Parkir Kendaraan Dinas Operasional Kantor Walikota Jakarta Utara ini sekaligus mengingatkan personel untuk memiliki peran dalam mengemban tugas kemanusiaan.

“Sesuai dengan tugas dan fungsi Satpol PP, selain menegakkan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah juga mempunyai tugas lain yaitu tugas kemanusiaan, memberikan perlindungan kepada seluruh warga yang membutuhkan termasuk yang berkenaan dengan bencana banjir,” tegas Arifin saat ditemui di Kantor Walikota Jakarta Utara.

Dia juga mengingatkan kepada seluruh personel untuk memahami tiga kata kunci SiTaLa, yakni Siaga, Tanggap, dan Galang dalam kesiapsiagaan bencana banjir.

Siaga dalam artian setiap personel wajib mempersiapkan dan kembali mengecek seluruh kelengkapan sarana dan prasarana yang dimiliki. Sedangkan Tanggap yakni seluruh personel menjalankan peran masing-masing dalam memberikan kontribusi bagi warga yang terdampak bencana. Serta galang yaitu seluruh personel harus mampu berkolaborasi, baik dengan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) lain, swasta maupun masyarakat.

“Ketika bencana itu datang, semua Personel Satpol PP bisa hadir meringankan beban masyarakat, membantu warga yang terdampak bencana dan bersama-sama untuk bisa memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu pula, Arifin menghimbau kepada seluruh personel tetap menjaga kesehatan. Mengedepankan Protokol Kesehatan Covid-19 ,3M (Memakai masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci tangan) agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

Bersama Kasatpol PP Jakarta Utara Yusuf Majid, Arifin melanjutkan apel dengan mengecek sarana dan prasarana kesiapsiagaan bencana yang dimiliki Satpol PP Jakarta Utara seperti unit rescue, truk kreo, jingga dapur umum. Secara simbolis seragam jas hujan pun dibagikan bagi seluruh personel baik tingkat kelurahan maupun kecamatan. Reporter (Ahmad FG)