“Jika listrik di rumah, kantor kerja dll mengalami gangguan, bergegaslah hubungi pihak PLN ataupun petugas terkait. Jangan menunggu lama, sebab potensi musibah kebakaran akibat listrik terbukti tidak butuhkan waktu lama” !

WBN │Jelang malam Natal (24/12) sekitar pukul 16.00 wita, tepatnya di kompleks pensiunan Mataloko, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, Pulau Flores, NTT, sebuah rumah yang terancam musibah kebakaran, berhasil ditangani cepat oleh Petugas PLN Ranting Mataloko, Siprianus Gale, atas kejadian terputusnya kabel twist yang letaknya di atas atap rumah, menyentuh seng hingga nampak selembar seng alumunium mulai hangus.

Kabel Twist atau SR adalah kabel yang digunakan sebagai kabel udara yang ditarik dari tiang listrik ke KWH meter bangunan.

Seperti disaksikan media ini di kompleks pensiunan Mataloko (24/12), mulanya listrik dalam rumah (lokasi kejadian) tiba-tiba padam, sementara rumah tetangga terdekat sekitarnya hidup seperti biasa. Atas peristiwa itu, pihak pemilik rumah melakukan pengechekan seluruh jaringan koneksi listrik dalam rumah, namun tidak ditemukan tanda-tanda korsleting listrik apapun.

Dilakukan juga pengechekan pemakaian voltase, lagi-lagi tidak ditemukan kejanggalan apapun. Pemilik rumah lalu menghubungi Kepala PLN Ranting Ngada, Vinsensius Rambo sembari mencaritahu kontak person Petugas PLN Ranting Mataloko dan berhasil menghubungi Petugas PLN Ranting Mataloko, Siprianus Gale.

Reaksi cepat Petugas PLN, Sipri Gale langsung mendatangi lokasi, melakukan pengechekan mulai dari meteran hingga memanjat atap rumah melakukan pemeriksaan secara mendetail. Dari langkah itu ditemukan kabel twist bagian atap rumah sudah putus, dengan posisi menggantung, salah satunya menyentuh seng alumunium dan mulai hangus. Petugas langsung mengambil langkah cepat, melakukan pemutusan arus listrik hingga menata ulang kabel twist, dan berhasil selamatkan situasi dari ancaman kebakaran.

“Kabel twist putus, diduga akibat diterpa angin kencang beberapa saat sebelumnya. Sisi kabel menggantung, salah satunya menyentuh seng alumunium dan sudah mulai hangus. Syukur kejadian ini cepat dilaporkan dan diketahui. Jika tidak, berpotensi besar terjadi kebakaran. Saya sudah perbaiki, berikutnya kabel twist patut diganti untuk menjamin keselamatan. Kabel twist itu sudah rapuh”, ungkap Sipri Gale.

 

Sebuah aksi terpuji Petugas PLN Mataloko, Sipri Gale menangani kabel Twist putus, yang sesungguhnya berpotensi besar terjadinya musibah rumah terbakar.

“Terimakasih banyak kepada Petugas PLN Mataloko, Sipri Gale dan PLN Ranting Bajawa. Sukses dan diberkati”, ungkap pemlik rumah dan sejumlah warga kompleks pensiunan Mataloko, Ngada, Flores (24/12).

“Jika listrik di rumah, kantor kerja dll mengalami gangguan, bergegaslah hubungi pihak PLN ataupun petugas terkait. Jangan menunggu waktu lama, sebab potensi musibah kebakaran akibat listrik terbukti tidak butuhkan waktu lama” !

WBN │ Yohana Maria │redpel aurel- ndra

 

 

Share It.....