Sekretaris LSM Peureugam, Baihaqi Ajak Petik Hikmah Musibah Tsunami Aceh Tahun 2004

WBN │Bencana alam Tsunami Aceh pada Desember 2004 silam, adalah bencana terbesar setelah musibah meletusnya Gunung Krakatau  tahun 1883. Tsunami Aceh meluluh lantakan ibu kota Propinsi Aceh, menjadi porak poranda dalam waktu yang sangat singkat. Selain itu, peristiwa Tsunami Aceh juga telah merenggut banyak korban jiwa.

Disaksikan media ini (26/12) Sekretaris LSM Peureugam, Baihaqi ajak petik hikmah musibah Tsunami Aceh Tahun 2004 silam.

“Mari kita ambil hikmah dari balik tragedi tersebut, sebagai ingatan bagi kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Nya.( Allah SWT ),” ungkap, Baihaqi mengenang 16 tahun Tsunami Aceh yang jatuh pada Sabtu (26/12).

Disebutkan, sudah terjadi kerusakan di laut dan di darat disebabkan oleh ulah tangan manusia sendiri. Tsunami Aceh yang terjadi, lanjut dia, hendaknya dijadikan ibrah (pelajaran) serta dapat memetik hikmah dari kejadian tersebut.

“Dengan terjadinya Tsunami, Aceh telah kembali ke pangkuan NKRI dengan ditandatanganinya perjanjian MoU antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan Pemerintah Indonesia. Mereka sepakat menghentikan konflik yang berkepanjangan yang terjadi sebelum Tsunami melanda Aceh, dan ini salah satu hikmah yang dapat kita ambil”, bebernya.

Lebih lanjut Seketaris LSM Peureugam ini mengatakan, hikmah lain yang tersirat di balik peristiwa Tsunami Aceh itu adalah, sebagai isyarat bahwa kita manusia merupakan makhluk yang dhaib (lemah), kita tidak bisa berbuat apa-apa ketika musibah itu datang, dan kita juga tidak tahu apa yang akan terjadi di hari esok.

“Oleh karena itu, mari kita pupuk rasa kebersamaan antar sesama baik antar elemen masyarakat, para pejabat, para elit politik, antara suku ,agama maupun yang lainnya, terus jalin rasa persatuan dan kesatuan ini demi tercapainya kemajuan Aceh yang lebih baik lagi di masa yang akan mendatang. Mari kita bulatkan tekat semangat untuk bersatu padu untuk memajukan daerah Aceh yang kita cintai ini supaya lebih aman dan mamai sepanjang masa”, pungkasnya.

Ket. Foto Berita : Sekretaris LSM Peureugam, Baihaqi

Zainal │ redpel aurel – ndra