Hadapi Pandemi Covid-19, JakPrener Ekonomi Kreatif dan UMKM Jakarta Utara Dibekali Materi CHSE

 

WBN l Jakarta Utara – Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Utara kembali menggelar bimbingan teknis Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keselamatan), and Environment (Kelestarian Lingkungan) atau CHSE di Hotel Santika, Kelapa Gading, Senin (28/12).

Pelatihan diikuti 56 binaan JakPreneur sektor Ekonomi Kreatif dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai bekal pengetahuan agar dapat bertahan dan berkelangsungan dalam menghadapi masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Utara Suroto mengapresiasi bimbingan teknis CHSE bagi JakPreneur sektor Ekonomi Kreatif dan UMKM ini. Kegiatan ini dirasa tepat sebagai bekal pengetahuan para peserta dalam menghadapi masa pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini merupakan pilot project atau contoh bagi sembilan UKPD (Unit Kerja Pemerintah Daerah) di Jakarta Utara dalam program pemberdayaan ekonomi masyarakat,” kata Suroto saat ditemui di Hotel Santika, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (28/12).

Di masa pandemi Covid-19 ini, dijelaskannya pemberdayaan ekonomi pada sektor ekonomi kreatif dan UMKM seperti ini harus diberdayakan agar dapat membangkitkan ekonomi masyarakat. Pemberdayaan ekonomi ini tentunya juga sebagai upaya dalam menumbuhkan pelaku ekonomi kreatif dan UMKM baru di Jakarta Utara.

“Memang kita rasakan pelaku ekonomi kreatif dan UMKM di sana-sini menjamur karena kita sadari beberapa perusahaan melaksanakan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) atau pengurangan pegawai akibat pandemi Covid-19. Namun justru ini adalah kegiatan yang tepat rasanya, selain bagi yang sudah kita bina, kita juga berusaha memunculkan usahawan-usahawan baru yang tentu saja tetap kita bantu, baik dalam sisi pengetahuan maupun permodalan dan pemasarannya,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Utara Wiwik Satriani menerangkan, bimbingan teknis CHSE ini merupakan kegiatan kedua yang sebelumnya dilaksanakan pada Rabu (23/12) dengan 44 binaan JakPreneur sektor Ekonomi Kreatif dan UMKM se-Jakarta Utara.

Dalam bimbingan teknis ini, peserta dibekali materi sertifikasi usaha dari PT Superintending Company of Indonesia (Sucofindo), permodalan dari Bank DKI, dan promosi produksi dari Universitas Persada Indonesia Yayasan Administrasi Indonesia (UPI YAI). Reporter l Ahmad FG l