Perjuangan Babinsa dan Bhabinkamtibmas kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur

 

WBN, Aceh Timur – Demi pengabdiannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Babinsa Koramil 11/Birem Bayeun Serka Edy Syahputra dan Bhabinkamtibmas Polsek Birem Bayeun, harus berjuang untuk menuju ke Desa binaannya yang berada diwilayah pedalaman Kabupaten Aceh Timur, tepatnya di Dusub Alue Labu, Desa Blang Tualang, Kecamatan Birem Bayeun, Senin (28-12-2020).

 

Tidaklah mudah untuk mencapai desa tersebut, untuk bisa sampai dilokasi Serka Edy harus melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi dengan melawan lumpur yang begitu dalam dan rintangan lainnya.

Akan tetapi, demi mengemban tugas sebagai abdi negara, Serka Edy tetap melaksanakan dengan tulus dan ikhlas, meskipun perjalanan menuju kedesa tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 120 menit, belum lagi terkendala dengan berbagai rintangan saat diperjalanan.

 

Demi mengoptimalkan Komunikasi Sosial (Komsos) Satuan Komando Kewilayahan terhadap komponen masyakat, seorang Babinsa harus selalu memonitor keadaan dan kegiatan masyarakat di Desa binaan, “ungkap Babinsa.

 

Dalam hal tersebut juga seorang Babinsa harus bisa mengajak masyarakat untuk menjalin hubungan baik dengan semua elemen yang ada, agar tercipta saling komunikasi dan banyak hal guna mengantisipasi dan meminimalisir setiap kejadian di masyarakat.

 

Ditempat terpisah, saat dikonfirmasi awak media dikantornya Danramil 11/Brb Lettu Inf Jaya Sakti juga menambahkan bahwa, dengan bersilaturahmi, maka diharapkan Babinsa bisa memanfaatkan potensi wilayah dengan membentuk jaring teritorial sebagai mitra kerja dilapangan, bersifat formal dan non formal untuk mempermudah dalam mendukung tugas-tugas Babinsa, “katanya.

 

Selain itu, dengan adanya keberadaan Babinsa yang sering ke Desa akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat sehingga terjalin hubungan yang harmonis serta diharapkan dapat membina desa, “tutupnya.(zainal).